Penggunaan VAR di Liga Primer Inggris

Liga Primer Inggris Uji Coba Teknologi VAR

A. Firdaus    •    05 September 2018 23:00 WIB
liga inggris
Liga Primer Inggris Uji Coba Teknologi VAR
Ilustrasi VAR (Foto: AFP/LUIS ACOSTA)

London: Liga Primer Inggris musim ini akan mencoba menggunakan teknologi video asisten wasit (VAR). Lantaran baru tahap coba-coba, tak semua pertandingan bakal menggunakan VAR.

Keputusan untuk menggunakan VAR dilakukan federasi sepak bola Inggris (FA), mengikuti jejak yang telah dilakukan Liga Italia Serie-A, Ligue 1 Prancis, La Liga Spanyol, dan Piala Dunia 2018. 

Rencananya VAR bakal digunakan pada 15 pertandingan di Liga Primer Inggris dan dimulai setelah jeda internasional. Tepatnya pada 15 September mendatang.

Percobaan pertama VAR akan berlangsung pada pertandingan yang kick off pukuk 3 sore waktu setempat. Nantinya VAR akan berpusat di Stockley Park, dekat Heathrow. 

Uji coba VAR yang di bawah pengawasan The Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) bertujuan untuk membuktikan teknologi ini. Sebelum nantinya bakal digunakan sepenuhnya pada Liga Primer Inggris musim depan.

Di Negeri Ratu Elizabeth ini, VAR sudah digunakan pada ajang Piala Liga Inggris. Meski demikian, kontroversi penggunaan VAR akan tetap menghadirkan pro dan kontra.

Sejatinya kehadiran VAR bisa mengurangi kesalahan atau mengakhiri keraguan dari wasit. Namun Sejumlah media di Inggris menilai, penggunaan VAR bakal menimbulkan banyak kontroversi dan bisa mengurangi atmosfer pertandingan. 

Terkini, bintang Barcelona, Luis Suarez, kehilangan momen bahagianya mencetak gol, karena sempat terhenti lantaran wasit harus melihat VAR terlebih dahulu sebelum memastikan gol yang dicetak Suarez itu sah atau tidak.

Perjuangan Tiara Andini Rebut Emas di Asian Games 2018



(ACF)


Video /