Newcastle United vs Manchester City

Sempat Unggul, City Bertekuk Lutut di Markas Newcastle

Patrick Pinaria    •    30 Januari 2019 06:18 WIB
liga inggrismanchester city
Sempat Unggul, City Bertekuk Lutut di Markas Newcastle
Momen saat para pemain Newcastle United merayakan gol Matt Ritchie (tengah) saat menghadapi Manchester City (Foto: AFP/Lindsey Parnaby)

Manchester City sempat membuka keunggulan cepat berkat gol Sergio Aguero. Namun, The Citizens akhirnya harus menyerah dari Newcastle United yang sukses mencetak dua gol balasan pada babak kedua.

Newcastle upon Tyne
: Manchester City harus bertekuk lutut di markas Newcastle United pada matchday ke-24 Liga Primer Inggris 2018--2019, Rabu 30 Januari dini hari WIB. Sempat unggul, The Citizens justru mengakhiri laga dengan skor kekalahan 1-2.

City sebetulnya tampil percaya diri pada laga yang digelar di Stadion St. James Park tersebut. Dengan mengandalkan trio Raheem Sterling, Sergio Aguero, dan Leroy Sane, The Citizens mampu membuat Newcastle yang berstatus tuan rumah tertekan.

Statistik mencatat City menghasilkan empat tembakan mengarah ke gawang dari 12 peluang. Sementara itu, Newcastle hanya menciptakan dua tembakan mengarah ke gawang dari dua peluang sepanjang laga.

Bahkan, City sukses merebut keunggulan terlebih dahulu ketika laga baru berjalan 24 detik lewat gol Sergio Aguero. Saat itu, striker asal Argentina tersebut menghujam gawang tim tuan rumah dengan tembakan voli setelah memanfaatkan umpan sundulan dari David Silva.

Baca: Piala Asia 2019: Bungkam UEA, Qatar Tantang Jepang di Final

City tidak mengendurkan serangan usai unggul. Sejumlah peluang diciptakan Sky Blue. Namun, upaya-upaya mereka tidak ada yang berbuah maksimal.

Hingga turun minum, kedua tim tidak ada yang menciptakan gol tambahan. Skor 1-0 untuk keunggulan City tidak berubah.

Situasi sedikit berubah ketika memasuki babak kedua. Pada babak ini, Newcastle mampu memberikan perlawanan berarti ke pertahanan City. Hasilnya, The Magpies sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-66 lewat gol Salomon Rondon.

Isaac Hayden menjadi kreator dari gol tersebut. Ia melepaskan umpan yang sukses diteruskan Rondon dengan sepakan voli.

Publik St. James' Park yang diisi dengan mayoritas fan Newcastle kembali bergemuruh ketika tim mereka mendapat kesempatan penalti pada menit ke-78. Saat itu, gelandang Newcastle Sean Longstaff dilanggar gelandang City Fernandinho di dalam kotak penalti.

Baca: Dua Pilar PSS Sleman Terancam Absen Lawan Barito 

Matt Ritchie maju sebagai eksekutor penalti. Pada momen itu, ia sukses melesakkan bola ke sudut kiri gawang yang tidak bisa dijangkau kiper City Ederson Moraes.

Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-1 tidak berubah dan membuahkan kemenangan untuk Newcastle.

Kekalahan di markas Newcastle membuat City gagal memangkas jarak dengan Liverpool yang berada di puncak klasemen. Kini, The Citizens harus puas bertahan di peringkat kedua dengan mengoleksi 56 poin dan tertinggal empat poin dari Liverpool.

Kans City tertinggal makin jauh dari Liverpool pun terbuka. Mengingat, The Reds baru akan memainkan laga ke-24 pada Kamis 31 Januari dini hari nanti. Saat itu, mereka akan berduel dengan Leicester City di markas sendiri, Stadion Anfield.

Adapun Newcastle, kemenangan ini membuat mereka naik ke peringkat ke-14 klasemen sementara dengan mengoleksi 24 poin. Posisi ini yang semakin menjauhkan The Magpies dari zona degradasi. Sebab, mereka sudah unggul lima poin dari Cardiff City yang berada di posisi ke-18.


Susunan pemain:

Newcastle United: Martin Dubravka, DeAndre Yedlin, Florian Lejeune, Fabian Schar, Jamaal Lascelles, Matt Ritchie, Isaac Hayden, Sean Longstaff, Christian Atsu/Kenedy (87'), Ayoze Perez/Javier Manquillo (90+1'), Salomon Rondon.

Manchester City: Ederson, Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Danilo/Ilkay Guendogan (83'), Fernandinho, David Silva, Kevin De Bruyne/Bernardo Silva (65'), Leroy Sane/Gabriel Jesus (73'), Raheem Sterling, Sergio Aguero.


Video: Teka-teki Pelatih Bhayangkara FC

 


(PAT)