Liverpool 2016--2017

Klopp: Beri Gerrard Ruang untuk Karier Kepelatihannya

Krisna Octavianus    •    25 November 2016 10:30 WIB
steven gerrard
Klopp: Beri Gerrard Ruang untuk Karier Kepelatihannya
Juergen Klopp (Foto: AFP/BEN STANSALL)

Metrotvnews.com, Liverpool: Manajer Liverpool, Juergen Klopp meminta Steven Gerrard untuk diberikan ruang dalam upayanya untuk melanjutkan karier sebagai pelatih. Jika terus dalam sorotan, Klopp khawatir menjadi hal yang tidak baik untuk Gerrard.

Gerrard menyatakan pensiun dari sepak bola profesional pada Kamis 24 November setelah mengumumkan meninggalkan LA Galaxy awal bulan ini. Fokusnya kini adalah melanjutkan karier sebagai pelatih bagi pemain usia muda.

BACA: Steven Gerrard Umumkan Gantung Sepatu

Klopp ingin Gerrard diberi kesempatan untuk menyelesaikan segala hal yang berbau manajemen tim. Ia kemudian membandingkan situasi yang terjadi dengan Ryan Giggs di Manchester United.

"Di Manchester United itu adalah sama dengan Giggs. Di mana ia akan pergi berikutnya? Tetapi jika Anda ingin orang-orang seperti mereka berada di bangku kepelatihan, biarkan mereka bekerja dan jangan perlakukan mereka seperti pemain lagi," ujar Klopp.

"Itu sedikit saran dari pemain sepak bola kebanyakan," lanjut mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Sementara itu, Gerrard diharapkan akan kembali ke Liverpool dalam beberapa kapasitas, terutama pembinaan usia muda. Akan tetapi, Klopp ingin pria berusia 36 tahun itu tak terus-terusan mendapat sorotan.

Pelatih asal Jerman mengatakan situasi saat ia memulai karier melatih dari Mainz, di mana ia mulai sebagai pelatih pada 2001, jauh berbeda.

"Dalam beberapa tahun pertama di Mainz, jika saya melatih telanjang tidak ada yang akan melihatnya. Saya tidak melakukan itu sebenarnya," kata Klopp.

"Ketika orang menerima Anda akan membuat kesalahan itu membantu tentu saja. Hal terbaik adalah kita bisa belajar segala sesuatu dari melakukan hal-hal yang benar dan salah," sambungnya.

"Anda memiliki pertandingan pertama Anda, membuat keputusan yang salah, maka Anda mengembangkan dan itu tentang mengumpulkan poin, kemudian tinggal di liga, maka untuk memenangkan liga atau apa pun," katanya.

BACA: Satu Penyesalan Gerrard, Tak Pernah Menangi Gelar Liga Primer Inggris

"Itu tidak setiap hari semua orang ingin tahu, 'bagaimana kabarmu?' Sebagian besar waktu kami tidak punya seorang pun di sekitar dan kami harus berjuang untuk sedikit menarik diri dari pemberitaan, terutama di Mainz," pungkas Klopp.

 


(KRS)

Video /