Penonton Bawa Pistol Mainan, MU Evaluasi Keamanan

M. Rizky Adhestian    •    02 November 2018 08:40 WIB
manchester united
Penonton Bawa Pistol Mainan, MU Evaluasi Keamanan
Old Trafford (Foto: Oli SCARFF / AFP)

Manchester: Raksasa Liga Primer Inggris, Manchester United, meninjau protokol keamanannya usai insiden pitch invader atau penyusup lapangan pada laga Liga Champions kontra Juventus 25 November lalu. Sang penyusup didapati membawa replika plastik senjata api.

Tidak lama setelah laga kekalahan 0-1 United dari Juventus, seorang fan berlari ke arah lapangan bermain. Beruntung pelaku bisa dihentikan penjaga keamanan saat sudah mendekati pemain.

Laporan dari Daily Mail menyebutkan, setelah kejadian tersebut staff Old Trafford menyelidiki bangku pelaku dan menemukan dua pistol mainan dalam ranselnya. United menyatakan kemanan para fan merupakan prioritas absolut mereka.

Baca: Bournemouth Sudah Tidak Takut dengan Nama Besar MU

"Membawa mainan plastik senjata anak-anak ke stadion jelas merupakan tindakan berbahaya dan tidak bertanggung jawab. Untungnya, tindakan pelaku tidak melukai siapa pun," kata seorang juru bicara.

"Namun demikian, klub langsung menggelar investigasi dalam situasi ini dengan berbagai masalahnya. Itu termasuk evaluasi untuk protokol keamanan kami yang sebenarnya sudah ketat, dengan tim kami dan bantuan eksternal oleh konsultan ahli," sambungnya.

Setelah kejadian tersebut, pihak kepolisian Manchester mengonfirmasi bahwa satu orang telah ditahan di markasnya. Ia ditahan sebagai tersangka penyusup lapangan.

Induk sepak bola Eropa, UEFA, telah memberikan denda untuk United terkait insiden penyusup lapangan tersebut. Kasus ini selanjutnya akan ditangani tim kontrol, kode etik dan kedisiplinan UEFA pada 22 November mendatang.




(PAT)


Video /