Manchester City 2017--2018

Kenakan Pita Kuning, Guardiola Disanksi FA

Riyan Ferdianto    •    06 Maret 2018 06:26 WIB
manchester city
Kenakan Pita Kuning, Guardiola Disanksi FA
Pep Guardiola (Foto: Twitter resmi Man City)

London: Pelatih Manchester City Josep Guardiola dikabarkan menerima saksi dari Asosiai Sepakbola Inggris (FA), karena mengenakan pita kuning di beberapa pertandingan Liga Primer Inggris. Hal tersebut dituding sebagai bermuatan politik. 

FA sendiri sudah melarang pemakain pita kuning, karena dinilai melanggar regulasi pakaian pertandingan dan ketentuan periklanan. Pelatih 47 tahun itu mengenakan pita kuning saat Manchester City bertemu Arsenal di final Piala Liga Inggris Minggu 25 Februari dan melawan Arsenal di Liga Primer Inggris Kamis 1 Maret

Pita kuning yang dikenakan Guardiola dinilai mengandung pesan tertentu. Pita tersebut merupakan bentuk solidaritas terhadap dua politisi Catalonia, Jordi Sanchez dan Jordi Cuixart, yang ditangkap menyusul referendum Catalonia pada Oktober lalu.

Klik di sini: Keistimewaan Mourinho di Mata Matic

Senin 5 Maret, merupakan batas akhir Guardiola memberikan jawaban atas dakwaan FA bulan lalu. FA lantas memastikan bahwa mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu mengakui bersalah melanggar peraturan. 

"Manajer Manchester City Pep Guardiola mengakui dan menerima dakwaan FA terkait pemakaian pesan politik, khususnya pita kuning, yang melanggar regulasi FA terkait pakaian dan periklanan," bunyi pernyataan FA seperti yang dilansir Reuters. 

Pada November lalu, Guardiola beralasan mengenakan pita tersebut sebagai misi kemanusiaan. Ia menuntut otoritas Spanyol membebaskan para politikus Catalonia yang dipenjara terkait tuntutan kemerdekaan wilayah tersebut dari Spanyol.

"Saya harap semua politikus yang berada di penjara segera dibebaskan dan pulang ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga serta menjalani kehidupan yang pantas mereka terima," ujar Guardiola. 

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Pemulihan Cedera Neymar Bisa Capai 3 Bulan



(REN)


Video /