Jelang Liga Primer Inggris 2017--2018

Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017--2018: Chelsea

Krisna Octavianus    •    10 Agustus 2017 10:16 WIB
liga inggrischelsea 2017--2018
Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017--2018: Chelsea
Antonio Conte saat memberikan instruksi pada anak asuhnya di laga Community Shield kontra Arsenal (Foto: AFP PHOTO / Ian KINGTON)

Metrotvnews.com, Jakarta: Liga Primer Inggris musim 2017--2018 akan bergulir akhir pekan ini. Musim ini akan jadi pembuktian kapasitas Antonio Conte sebagai salah satu pelatih jenius. 

Conte membuat kejutan di musim lalu. Di tengah hingar bingar bergabungnya Jose Mourinho ke Manchester United dan Manchester City yang dinakhodai Josep Guardiola, manajer asal Italia itu mampu membalikkan prediksi banyak orang.

Mourinho dan Guardiola dibuat bungkam oleh kecerdikan Conte dalam meramu skuat tim mampu tampil konsisten. Gelar juara pun berhasil diraihnya pada musim pertamanya di tanah Inggris.

Kini, kecerdikan Conte dalam meramu strategi akan kembali diuji. Di musim keduanya, mantan pelatih Juventus dan Timnas Italia itu harus mencari cara untuk bisa mempertahankan gelar. 

"Yang pasti, bagi saya, ini musim yang paling sulit dalam karier saya. Saya yakin tentang ini," katanya.
 

Baca: Cahill: Chelsea akan Merindukan Costa


"Di Inggris, tekanannya tinggi dan Anda harus hidup dengan tekanan itu. Di Inggris, liga kuat, terkuat di dunia. Anda memiliki enam tim yang siap bertarung dan memenangi gelar juara. Tapi hanya satu tim yang bisa menang. Tidak akan mudah. Tapi kami mencoba melakukan ini," sambungnya.

Wajar jika Conte berbicara seperti itu, untuk pertama kalinya dia akan merasakan melatih satu tim untuk empat kompetisi sekaligus. Pasalnya, saat ini The Blues akan bertarung di Liga Champions, kompetisi yang tidak mereka ikuti musim lalu.

Namun, mempertahankan gelar juara bukan sesuatu yang asing bagi Chelsea. Pada era pertama The Blues dilatih Jose Mourinho, mereka pernah melakukannya pada musim 2004--2005 dan 2005--2006.

Bursa Transfer Pemain
Pergerakan Chelsea pada bursa transfer musim ini cukup lesu. Meski mereka tercatat mendatangkan empat pemain dalam diri Alvaro Morata, Tiemoue Bakayoko, Willly Caballero, dan Antonio Ruediger, tetapi mereka justru menjual nyawa permainan mereka musim lalu di lini tengah, Nemanja Matic ke Manchester United.

Pembelian yang sampai saat ini belum menunjukkan apa-apa. Untuk Morata, bahkan mantan pemain Juventus itu dihujat oleh pendukung The Blues karena gagal mengeksekusi penalti di ajang Community shield kontra Arsenal yang membuat mereka kalah.



Sementara itu, Bakayoko belum bisa dimainkan sampai saat ini karena masih mengalami cedera. Sebuah hal yang sangat merugikan karena pada satu sisi mereka kehilangan Matic. Sedangkan, Ruediger masih sulit menggeser hegemoni trio David Luiz, Cesar Azpilicueta, dan Gary Cahill.

Sementara itu, selain Matic yang dilego klub pada musim panas ini, Chelsea juga melepas Kurt Zouma, John Terry (Aston Villa), Asmir Begovic (Bournemouth), Nathan Ake (Bournemouth), Dominic Solanke (Liverpool). Khusus nama terakhir, mungkin The Blues menyesal melepasnya karena dia berhasil menjadi top skor dan pemain terbaik serta membawa Timnas Inggris menjuarai Piala Dunia U-20.

Sejarah klub:
Chelsea didirikan pada 10 Maret 1905 dan berbasis di Fulham, London. Trofi pertama mereka hadir pada 1955 ketika mereka menjuarai Liga Primer Inggris musim 1954--1955. Itu sekaligus menjadi gelar liga Inggris pertama mereka dalam sejarah klub. Trofi Community Shield 1955 mengikuti menjadi trofi kedua yang diraih oleh tim yang identik dengan warna biru itu.
 

Baca juga: Cahill Minta Maaf Usai Cederai Mertesacker


Selebihnya, Chelsea adalah tim yang lebih sering berkutat di papan tengah. Kemudian masuknya investor asal Rusia, Roman Abramovich pada 2003 mengubah segalanya. The Blues menjadi tim yang sangat ditakuti di Inggris. Total, lima gelar Liga Primer Inggris mereka dapatkan dalam 15 tahun terakhir.

Puncak kehebatan Chelsea terjadi pada musim 2011--2012. Mereka berhasil menggenggam trofi Liga Champions dengan mengalahkan Bayern Muenchen lewat adu penalti. Satu musim setelahnya, giliran mereka sukses menjuarai Liga Europa. Dengan demikian, The Blues menjadi klub dengan trofi Eropa terlengkap. Selain Liga Champions dan Liga Europa, mereka pernah menjuarai UEFA Cup Winners Cup dan Piala Super Eropa.

Statistik musim lalu
Liga Primer Inggris: Juara
Menang: 30 kali
Seri: 3 kali
Imbang: 5 kali
Jumlah gol: 85
Gol kemasukan: 33
Cleen sheet: 16
Total poin: 93 poin

Rata-rata penguasaan bola: 53%
Rata-rata operan sukses: 84%
Rata-rata tendangan ke gawang: 48%
Total penciptaan peluang: 446

Prediksi musim ini
Meski pernah mempertahankan juara pada awal 2000-an, untuk musim ini terasa berat untuk The Blues. Selain karena mereka harus tampil di Liga Champions, klub-klub lain juga berbenah dengan banyak membeli pemain baru dan siap mencuri gelar dari tangan Chelsea. 

Prediksi peringkat akhir musim 2017--2018: Posisi 3

Video:
 Debut Neymar Tertunda Hingga 20 Agustus
 


(ACF)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /