FA Perkenalkan Kartu Kuning dan Merah kepada Pelatih yang Nakal

Gregah Nurikhsani Estuning    •    01 Agustus 2018 10:17 WIB
liga inggris
FA Perkenalkan Kartu Kuning dan Merah kepada Pelatih yang Nakal
Jose Mourinho. (Foto: AFP PHOTO / Ian KINGTON)

London: Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk pertama kali akan memberikan kartu kuning dan merah kepada manajer dan staf pelatih jika diketahui melakukan 'pelanggaran teknis dan non-teknis'.

Inisiatif ini diumumkan saat peluncuran English Football League yang dirancang oleh International FA Board (IFAB). Aturan baru ini diterapkan per musim 2018--2019.

Hampir seluruh kompetisi yang dipegang oleh EFL dan Premier League terkena aturan baru ini. Mulai dari Piala FA, National League, sampai Liga Primer Inggris.

Manajer dan staf pelatih bisa memperoleh kartu kuning dan merah ketika dianggap melanggar ketentuan. Bahkan, mengumpat atau mengucapkan sumpah serapah saat pertandingan berlangsung bisa membuat mereka terkena hukuman tersebut.

Selain perkara bahasa, tindak-tanduk manajer dan staf pelatih seperti menendang atau melempar botol, tepuk tangan sarkastik, sampai meminta wasit memberikan kartu kepada pemain lawan juga bisa menyebabkan mereka mendapatkan hukuman.

Layaknya pemain di lapangan, manajer yang telah mengoleksi empat kartu kuning dilarang menemani timnya minimal satu pertandingan dan maksimal 16 pertandingan, tergantung dari seberapa parah insiden yang melibatkan mereka.

Sebelumnya, di Inggris, ofisial pertandingan hanya berhak memberikan peringatan. Paling banter, mengirim manajer atau pelatih ke tribun. Hukuman larangan menemani tim pun diberikan oleh Komdis FA selepas pertandingan berdasarkan laporan dari wasit yang yang bertugas.

Video: Ronaldo Jalani Latihan Perdana Bersama Juventus
 


(REN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /