Penipuan Transfer Pemain

Wali Kota Liverpool Laporkan Chelsea dan Barkley ke Polisi

Gregah Nurikhsani Estuning    •    10 Januari 2018 17:20 WIB
chelsea
Wali Kota Liverpool Laporkan Chelsea dan Barkley ke Polisi
Ross Barkley. (Foto: AFP PHOTO / PAUL ELLIS)

Liverpool: Wali Kota Liverpool meminta pihak kepolisian dan FA untuk menyidik proses transfer Ross Barkley dari Everton ke Chelsea. Rendahnya nilai jual Barkley dinilai janggal.

Barkley bergabung dengan Chelsea dengan nilai transfer mencapai 15 juta pounds pekan lalu. Dana tersebut tak sampai setengah saat The Blues gagal membeli Barkley pada bursa transfer musim panas tahun lalu (35 juta pounds).

Joe Anderson, Wali Kota Liverpool merasa ada yang tidak beres dengan proses pembelian itu. Pria yang diketahui fan berat Everton tersebut beberapa kali mengutarakan prasangkanya melalui cuitan di Twitter.
 

Klik: Lima Destinasi Arda Turan jika Ditendang Barcelona


Anderson menunjukkan keseriusannya dengan menuliskan surat resmi kepada petinggi FA, Greg Clarke, dan chairman Liga Primer Inggris, Richard Scudamore terkait transfer yang dinilainya tidak masuk akal itu.

"Ada kesengajaan percobaan dari semua pihak, yakni pemain, agen, dan klub untuk menurunkan harga jual sehingga mereka mendapatkan keuntungan," bunyi klaim Anderson seperti dikutip dari Guardian, Rabu 10 Januari 2018.

Anderson juga melibatkan polisi Liverpool untuk mengamankan proses investigasi agar tidak ada intervensi dari orang-orang yang terlibat, termasuk FA dan operator liga itu sendiri.
 

Tuduhan Anderson lainnya adalah adanya upaya penyuapan dan perjanjian prakontrak yang tak sesuai dengan regulasi sepak bola. Ia menyatakan Chelsea dan Barkley sudah sepakat untuk pindah pada Agustus lalu, namun direkayasa seakan-akan pembelian dibatalkan sehingga pada Januari tahun ini, nilai belinya menjadi rendah.

Pasalnya, kontrak Barkley sebelum hijrah ke Chelsea tinggal menyisakan enam bulan saja, yang artinya, Everton akan kehilangan gelandang serba bisa itu cuma-cuma alias tanpa pemasukan. Dengan begitu, Everton mau tak mau harus melepasnya ke klub lain, dalam hal ini Chelsea, supaya tetap bisa mendapatkan uang.

"Saya ingin proses transfer Barkley diinvestigasi. Persepsi publik begitu besar, publik butuh kebenaran. Terlepas dari hal itu, ini harus jadi kebijakan supaya ke depannya tak ada individu yang diuntungkan dengan cara yang tidak pantas," sambung Anderson.

Video: Stadion Maguwoharjo Berbenah Jelang Laga Islandia Vs Indonesia Selections
 


(ASM)