Inggris Ancam Boikot Piala Dunia 2018?

Gregah Nurikhsani Estuning    •    14 Maret 2018 07:45 WIB
liga inggris
Inggris Ancam Boikot Piala Dunia 2018?
(Foto: FIFA.com)

Zurich: Ketegangan politik antara Rusia dengan Inggris menjalar ke sepak bola. FA dilaporkan mengancam bakal memboikot Piala Dunia 2018 yang bergulir di negara terbesar se-Eropa tersebut.

Semua bermula ketika insiden racun makanan di Salisbury, salah satu wilayah di Inggris. Mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal yang pernah bekerja untuk pemerintah Inggris jatuh sakit akibat keracunan. Tak cuma Skripal, anak perempuannya juga menjadi korban.

Theresa May, Perdana Menteri Inggris mengklaim Rusia bertanggung jawab atas insiden tersebut. Sementara anggota parlemen buruh, John Woodcock, merasa jika keikutsertaan Inggris di Piala Dunia Rusia sepatutnya dipertimbangkan demi keamanan.

Woodcock tak sendiri, sebab banyak politisi lain yang merasa jika FA lebih baik memboikot Piala Dunia 2018. Setidaknya, wacana tersebut bisa meyakinkan Rusia untuk meningkatkan keamanan.

Komentar lain keluar dari mantan petinggi FA, David Davies. Kepada BBC Radio 5, ia memiliki pandangan objektif terkait kepentingan Piala Dunia itu sendiri.

Klik: Gol Dzeko Bantu AS Roma Bungkam Shakhtar

"Jika Inggris menarik diri dari Piala Dunia, banyak orang yang akan kecewa, bukan cuma pemain dan rakyat Inggris, tapi seluruh dunia. Opsi tersebut (memboikot Piala Dunia) adalah ancaman serius," ungkap Davies.

"Saya yakin Rusia bakal mengupayakan kesuksesan di Piala Dunia, termasuk dalam indikatornya adalah soal keamanan," ujarnya lagi.

Di tempat lain, sindiran justru keluar dari mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter. Ia beranggapan bahwa apa yang Inggris lakukan tak lebih dari kekecewaan karena gagal memenangkan bidding tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022.

Blatter bahkan mengatakan jika itulah tipikal Inggris dalam menghadapi sesuatu. Dirinya lantas mengungkit keburukan Inggris yang pernah ia dapat.

"Mereka (Inggris) memang seperti itu sukanya. Dulu, saya selalu diserang. Banyak sekali yang mereka tidak suka. Intinya, Inggris tidak mau kalah dan tidak tahu caranya kalah," beber Blatter.

Video: Sevilla akan Buat Fans MU Deg-degan
 


(KAU)