Apa Jadinya Bila Manchester United Tanpa David De Gea?

Hilman Haris    •    10 April 2017 16:21 WIB
manchester united 2016--2017
Apa Jadinya Bila Manchester United Tanpa David De Gea?
David De Gea menjadi kiper utama MU sejak didatangkan dari Atletico Madrid

Metrotvnews.com, Manchester: David De Gea menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Manchester United sejak didatangkan dari Atletico Madrid pada 2011. Dipilih sebagai pemain terbaik MU selama tiga tahun beruntun menjadi bukti sahih kehebatan kiper asal Spanyol tersebut.

Kehebatan De Gea sudah tercium raksasa Spanyol, Real Madrid. Manajemen Los Merengues kabarnya sudah menyiapkan uang hingga 60 juta Euro agar De Gea mau hengkang dari MU pada musim lalu. Uang dengan jumlah yang lebih besar digadang-gadang akan dikeluarkan Madrid untuk merayu Red Devils melepas sang kiper andalan ketika bursa transfer musim panas 2017 dibuka.

De Gea memang kiper istimewa. Namun, fan Red Devils tidak perlu sedih secara berlebihan bila ia tiba-tiba tergoda untuk hengkang. Sebab, statistik sudah membuktikan bahwa performa MU tidak lantas melempem saat De Gea tidak ada di bawah mistar gawang.

Sudah 16 kali De Gea absen membela Red Devils sejak 2012--2013. Dari 16 laga itu, sembilan kali MU meraih kemenangan. Artinya, persentase Red Devils meraup tiga angka ketika De Gea tidak bermain sebesar 59 %. 

De Gea juga absen saat MU melawan Sunderland, Minggu 9 April. Hasilnya, MU mencetak tiga gol dan gawang yang dikawal Sergio Romero tidak kebobolan.

Baca juga: Sergio Romero, Pahlawan yang Terlupakan di MU

Uniknya, persentase kemenangan MU menurun menjadi 55,15 % saat diperkuat De Gea. Dari 165 kali memperkuat MU sejak 2012--2013, hanya 91 laga di antaranya berhasil diakhiri sang kiper dengan kemenangan. 

Sebuah statistik yang patut jadi renungan fan Red Devils. Kehilangan De Gea bukan akhir dari segalanya. Toh, MU memiliki Romero. Kualitasnya patut diacungi jempol setelah mencatat 12 clean sheet dari 18 penampilan bersama Red Devils di semua kompetisi.

Hasil yang didapat MU saat diperkuat De Gea*
Main: 165
Menang: 91
Persentase kemenangan: 55,15 %

Hasil yang didapat MU saat tidak diperkuat De Gea*
Main: 16
Menang: 9
Persentase kemenangan: 59 % 

*)Sejak 2012--2013
Sumber: Squawka


 


(HIL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /