Liverpool vs Tottenham Hotspur

Rekam Jejak Jon Moss: Sempat Dicap Wasit Terburuk!

Kautsar Halim    •    05 Februari 2018 18:40 WIB
tottenham hotspurliverpool
Rekam Jejak Jon Moss: Sempat Dicap Wasit Terburuk!
Para pemain Liverpool memprotes Jon Moss. (AFP PHOTO / PAUL ELLIS)

Jakarta: Wasit Liga Primer Inggris, Jon Moss, langsung menjadi sorotan usai memimpin laga Liverpool kontra Tottenham Hotspur, Minggu 4 Februari. Itu terjadi karena ia mengeluarkan dua keputusan kontroversial yang mempengaruhi hasil pertandingan.

Dalam laga tersebut, Spurs memang mampu menahan imbang Liverpool dengan skor 2-2. Namun itu tercipta pada menit-menit akhir lewat "bantuan" Moss yang memberikan dua hadiah tendangan penalti.

Hadiah tendangan penalti pertama yang diberikan Moss muncul pada menit ke-86 atau ketika kedudukan imbang, 1-1. Vonis itu ia berikan karena kiper Liverpool, Loris Karius, dianggap sengaja menjatuhkan Harry Kane di kotak terlarang. 

Padahal, jika melihat tayangan ulang dalam pelanggaran tersebut, Kane sudah berada dalam posisi offside dan sengaja melakukan diving saat Karius menjemput bola. Namun keputusan Moss tidak bisa diganggu gugat setelah berdiskusi dengan asisten wasit.
 

Klik: Alasan Deulofeu Bersedia Dipinjamkan ke Watford


Beruntung, Karius tampil menawan dengan menahan tendangan penalti yang dieksekusi oleh Kane sendiri. Imbasnya, semangat para pemain The Reds langsung terpompa hingga akhirnya Mohamed Salah bisa mencetak gol kedua pada menit 90+1.

Nahas bagi Liverpool, keunggulan itu gagal dipertahankan sampai peluit panjang dibunyikan. Saat laga tinggal semenit lagi, Moss malah kembali memberikan hadiah tendangan penalti karena Virgil van Dijk dianggap sengaja menendang Eric Lamela di kotak terlarang.

Para pemain Liverpool memprotes keputusan wasit Jon Moss. (AFP PHOTO / PAUL ELLIS)



Protes keras sudah dilancarkan para pemain Liverpool atas keputusan krusial tersebut. Pasalnya, jika dilihat dari tayangan ulang, van Dijk tidak benar-benar menendang Lamela hingga tersungkur. Kendati demikian, lagi-lagi keputusan Moss tidak bisa ditawar. Hadiah penalti tetap diberikan dan kali ini Kane bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Para suporter Liverpool maupun pengamat sepak bola banyak yang kecewa dengan kualitas kepemimpinan Moss dalam laga tersebut. Namun seharusnya mereka sudah tidak kaget lagi karena Moss memang dikenal sebagai salah satu wasit terburuk di Liga Primer Inggris.

Wasit Jon Moss sedang berdiskusi dengan asistennya. AFP PHOTO / PAUL ELLIS



Musim lalu, wasit berusia 47 tahun itu mengeluarkan keputusan kontroversi juga dalam hasil imbang 2-2 antara Leicester City kontra West Ham United. Moss dinilai telah mengambil keputusan keliru saat mengganjar Vardy dengan kartu merah (kartu kuning kedua) karena dianggap melakukan diving, dan memberikan hadiah penalti untuk Leicester di detik-detik akhir laga karena menilai Andy Carroll telah menjatuhkan Jeffrey Schlupp.

Glenn Turner selaku mantan asisten wasit Piala Dunia sempat melakukan penelitian lewat situs YouAreTheRef.com. Ternyata, Moss sudah melakukan 84 kesalahan fundamental dari 333 pertandingan yang dipimpinnya. 

Adapun kesalahan fundamental yang dimaksud Turner adalah memberikan hadiah penalti dan memvonis pemain dengan kartu merah. Dan menariknya, survey itu sudah didapat Turner pada 22 April 2016 lalu.


Klik: Tottenham Dapat Penalti, Hakim Garis Lakukan "Selebrasi"


Berdasarkan penelitian itu, disimpulkan bahwa Moss berpeluang melakukan kesalahan setiap 1,69 pertandingan. Ini berarti, Moss rata-rata melakukan satu kesalahan dalam setiap pertandingan yang dipimpinnya. Jumlah tersebut merupakan nilai rata-rata terendah dibandingkan wasit Liga Primer Inggris lainnya.

Masih Berdasarkan data musim 2016--2017, wasit Anthony Taylor hanya melakukan tiga kesalahan fundamental dari 27 pertandingan musim lalu. Kemudian, Mark Clattenburg yang mewakili Inggris untuk memimpin Piala Eropa, hanya melakukan sekali kesalahan dalam 5,4 pertandingan. Di bawah Clattenburg masih ada Martin Atkinson yang nilai rata-ratanya satu kesalahan dalam 4,14 pertandingan.

Terlepas dari data statistik tersebut, wasit juga tetaplah manusia yang tidak luput dari kesalahan. Namun setidaknya, YouAreTheRef.com berharap adanya catatan ini bisa meningkatkan kualitas wasit, khususnya di Liga Primer Inggris.




(KAU)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 hours Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /