Pada hari ini

1971: Lahirnya Roy Keane, Gelandang Ulet yang Pernah Dimiliki MU

A. Firdaus    •    10 Agustus 2017 08:33 WIB
pada hari ini
1971: Lahirnya Roy Keane, Gelandang Ulet yang Pernah Dimiliki MU
Roy Keane saat mencium Piala FA 2004 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Era kejayaan Manchester United pada akhir 90-an hingga awal 2000-an tak lepas dari kerja keras Roy Keane. Ya, tepat pada hari ini 46 tahun silam gelandang tengah ulet yang pernah dimiliki Setan Merah lahir di Cork.

Keane merupakan pesepakbola Irlandia paling sukses sepanjang masa, dengan meraih 19 gelar bergengsi. Di mana 17 di antaranya dihasilkan saat ia membela Manchester United.

Dalam 18 tahun kariernya sebagai pesepakbola, sebagian waktunya ia habiskan bersama United. Keane juga pernah bermain untuk Cobh Ramblers (1989--1990) dan Nottingham Forest (1990--1993).

Klik di sini: Mourinho Kurang Senang Jalani Tur Pramusim di Asia

Bakatnya ketika bermain bersama Forest mengundang ketertarikan Sir Alex Ferguson untuk berupaya memboyongnya ke Old Trafford. Tak tanggung-tanggung, United berani membayar Keane sebesar 3,75 juta Poundsterling pada musim panas 1993.

Upaya Fergie tak sia-sia, Keane langsung mencetak gol pada debutnya bersama United di Old Trafford. Sekaligus membawa tim barunya itu menang 3-0 atas Sheffield United.

Keane membuktikan kalau dirinya memang pantas membela Setan Merah. Pada musim perdananya, ia berhasil membawa United mengawinkan Liga Primer Inggris dengan Piala FA.

Klik di sini: Dybala Resmi Gunakan Nomor Punggung 10 di Juventus

Puncak karier tertinggi didapat Keane pada musim 1998--1999. Ketika itu ia berhasil membawa United meraih treble winner (Liga Primer, Piala FA, dan Liga Champions).

Keane meninggalkan United pada 2005. Sempat tidak ada restu dari fan dan para rekan setimnya, termasuk Fergie. Tapi dia tetap ingin pindah dan bergabung bersama Celtic. Namun hanya menghasilkan 13 penampilan sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada 2006.

Memiliki modal pengalaman dan kesuksesan sebagai pemain, Keane mencoba menjadi pelatih. Beberapa klub Inggris pernah ditukanginya, seperti Sunderland (2006--2008) dan Ipswich Town (2009--2011). Kemudian pada 2013, dia diangkat menjadi asisten pelatih Republuk Irlandia yang dikepalai Martin O'Neill.

Alexis Sanchez Dipastikan Absen di Laga Awal Liga Primer Inggris
 


(FIR)

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain
Bursa Transfer Pemain

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain

5 hours Ago

Pelatih United Jose Mourinho tidak ingin terlalu ngotot untuk memenuhi target yakni membawa emp…

BERITA LAINNYA
Video /