Inggris Berencana Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Gregah Nurikhsani Estuning    •    02 Agustus 2018 09:53 WIB
piala dunia
Inggris Berencana Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030
Suporter Inggris. (Foto: AFP PHOTO / Ben STANSALL)

Manchester: Asosiasi Sepak Bola (FA) Inggris tengah mempelajari kemungkinan mendaftarkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) FA, Greg Clarke.

"Bulan lalu pembuat kebijakan di FA setuju membentuk tim yang akan mengupayakan Inggris sebagai kandidat dari Eropa untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030," kata Clarke.

Ini bukan pertama kali Inggris mengajukan diri sebagai tuan rumah turnamen antarbangsa terbesar di dunia tersebut. Mereka bahkan diketahui ikut mengirim proposal untuk Piala Dunia 2018, namun seperti diketahui, kalah dari Rusia.

Inggris harus bekerja ekstra keras karena mereka akan bersaing dengan tiga wakil Amerika Selatan, yakni Argentina, Uruguay, dan Paraguay yang mendaftarkan diri sebagai tri-nation host.

Pihak Amerika Selatan siap bersaing dan mewanti-wanti koalisi Inggris Raya, seperti Irlandia, Skotlandia, dan Wales. Konsep tuan rumah joint-nation atau tri-nation dirasa paling berpeluang sebab mulai dari 2026, peserta Piala Dunia akan menjadi 48 dari sedianya 32 tim, yang artinya, dibutuhkan lebih banyak venue.

Kongres FIFA bulan Juni lalu mengutus Amerika Serikat dan Meksiko menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Mengetahui negara sebesar Amerika Serikat saja mau bersanding dengan negara tetangga untuk menggelar Piala Dunia, perwakilan FA di FIFA, David Gill, membuka kesempatan kepada negara di sekitar Inggris untuk ikut berpartisipasi.

Clarke lantas mengatakan akan menyaring semua aspirasi dari berbagai pihak. Sembari menunggu hasil rapat kerja tim yang dibentuknya, tidak akan ada keputusan sepihak sampai tahun depan.

"Kami akan kerjakan sepanjang musim ini. Kami tidak akan memutuskan bagaimana hasilnya hingga 2019 mendatang," pungkas Clarke.

Klik: Cabor Voli Pantai Tatap Asian Games 2018
 


(ASM)