Sulaiman Al Fahim Terbukti Beli Portsmouth dari Uang 'Haram'

Gregah Nurikhsani Estuning    •    15 Februari 2018 21:01 WIB
liga inggris
Sulaiman Al Fahim Terbukti Beli Portsmouth dari Uang 'Haram'
Sulaiman Al Fahim. (Foto: Zimbio)

Abu Dhabi: Sulaiman Al Fahim, pria asal Uni Emirat Arab menjadi tersangka tindak pencurian uang sebesar 5 juta pounds atau setara Rp95 miliar. Uang itu digunakannya untuk membeli Portsmouth pada 2009 silam.

Namun Fahim hanya memiliki Portsmouth selama enam pekan saja saat klub berjuluk Pompey itu dilanda kebangkrutan. Sayang, 'niat baik' pebisnis Abu Dhabi United Group itu tidak melalui jalan yang sehat.

Niat Fahim sebetulnya tidak murni-murni amat. Sebab, setelah menggunakan uang haram membeli Portsmuth, ia dan partner in crime-nya langsung menjualnya lagi ke Ali Al Faraj dengan harga lebih besar.

Setelah diselidiki selama bertahun-tahun, akhirnya ditemukan fakta baru. Uang yang digunakannya membeli Portsmouth sebesar lima juta pounds ternyata milik istrinya yang dilaporkan hilang. Fahim sempat dipanggil untuk dimintai keterangan, namun selalu absen sehingga ia didakwa bersalah.

Klik: Anies Menjanjikan Perayaan Khusus jika Persija Juara

Ketika Fahim membeli Portsmouth, klub yang pernah dibela sejumlah pesepak bola terkenal seperti Peter Crouch, David James, sampai Jermain Pennant itu sebenarnya belum bangkrut. Kesulitan keuangan tak mampu dihindari sehingga empat tahun berselang, bencana terjadi; dua kali dianggap pailit, tiga kali degradasi, dan tujuh kali berganti pemilik klub, termasuk Ali Al Faraj.

Kelompok suporter peduli Portsmouth (PST) kemudian mengambil alih dengan dana subsidi silang dan talangan, sampai akhirnya ada pihak yang mau membelinya. Figur tersebut adalah mantan direktur Disney, Michael Eisner, yang rela menyelamatkan Portsmouth pada Agustus 2017 silam.

Seiring membaiknya kondisi finansial klub, prestasi Portsmouth juga perlahan menanjak. Musim lalu mereka promosi dari League 2 (Kasta keempat Liga Inggris) menuju League 1. Saat ini mereka masih berjuang lolos ke Divisi Championship dengan duduk di tangga ke-9 klasemen sementara, tiga tingkat saja dari jalur play-off.

Video: Perkiraan Formasi Real Madrid vs PSG
 


(RIZ)


Video /