Menengok Sejarah Tur Pramusim Manchester United

Alfa Mandalika    •    06 Juli 2017 16:50 WIB
manchester united 2016--2017
Menengok Sejarah Tur Pramusim Manchester United
Skuat Manchester United 1908. (Foto: Manutd)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah berganti nama dari Newton Heath LYR Football Club menjadi Manchester United pada 1902, United menjalankan tur pramusim perdananya pada 1908. 

Situasi saat itu, United berhasil menjuarai Piala Senior Manchester usai mengalahkan Bury, 30 April 1908. Setelah berpesta, keesokan harinya United bergegas menuju London menggunakan kereta api. Dari situ, United melewati Paris dan Basel untuk menghadapi Zurich XI pada 4 Mei. Ketika itu, United kalah dengan skor 4-2.

Salah satu jurnalis menulis, "Permainan tersebut tidak dianggap serius oleh orang-orang Inggris. Pemain hanya bermain-main dengan lawan mereka," kata seorang jurnalis seusai pertandingan.

Selanjutnya, United berkelana menuju Austria. Namun, perjalanan mereka tak berjalan mulus. Sebab, mereka harus menghadapi adangan petugas bea cukai. Para oknum bea cukai itu meminta tambahan cerutu untuk biaya tambahan. Setelah lolos dari sana, United akhirnya bisa melanjutkan perjalanan sampai di Praha, Republik Ceko.

Baca: Jerman Berjaya, Sinyal Juara di Piala Dunia 2018?


Tepat pada 8 Mei, United kembali menjalani pertandingan melawan SC Slavia. Saat itu, laga persahabatan United-Slavia disaksikan oleh 5000 orang. United unggul 2-0 melalui aksi Jack Picken dan Jimmy Bannister. Kekalahan itu menyebabkan seluruh fan Ceko kecewa. Sebab, dari beberapa tahun menjalani pertandingan pramusim, Ceko selalu mencetak gol.

Kemenangan United juga mendapatkan pujian dari pers. Mereka mengaku belum pernah melihat permainan seindah United. "Para pemain Slavia sama sekali tidak tahu bagaimana peraturan pertandingan, dan banyak pelanggaran yang mereka lakukan. Ada banyak dorongan, sikutan, dan tekel berbahaya dari pemain Slavia," demikain kata Pers di Praha.

Lalu, United pergi menuju salah satu kota di Austria. Mereka sempat menghadapi Vienna SC yang dianggap sebagai tim terkuat ketika itu. Hasilnya, United juga meraih kemenangan.

Setan Merah melanjutkan perjalanan menuju Budapest pada 19 Mei. Mereka dijadwalkan menghadapi tiga pertandingan. Namun, satu pertandingan dibatalkan. Akhirnya United bersua Hungaria Ferencvaros. Sampai peluit panjang dibunyikan mereka unggul 7-0.

Kemenangan itu sempat membuat ricuh stadion yang diisi oleh 11.000 penonton yang marah melihat tim kesayangan mereka kalah. Alhasil, para penonton melakukan tindakan tak terpuji dengan melemparkan batu-batu kepada para pemain United. Alhasil, polisi langsung mengamankan para pemain United menuju ruang ganti.

Baca: Selain Besiktas, Tiga Klub Besar Ini Juga Incar Pepe


"Banyak orang yang membawa senjata tajam dan senjata api. Kami tidak berniat mengunjungi tempat itu lagi," kata Sekretaris Klub Ernest Mangnall.

United akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Vienna dengan cepat setelah menang pada pertandingan terakhir melawan Wina XI, 3-2. Rombongan langsung menuju Manchester pada 29 Mei melalui Berlin dan Ostend. Itu adalah pengalaman tur pramusim pertama dan punya banyak kejadian bagi United.

Kini, setelah berpuluh-puluh tahun berlalu, United akan kembali menjalani tur pramusim. Amerika Serikat menjadi negara yang akan disambangi United.

United dijadwalkan menghadapi LA Galaxy dan Real Salt Lake pada 16 dan 17 Juli. Lalu di ajang International Champions Cup, United bakal menghadapi Manchester City, Real Madrid, dan Barcelona pada 21-27 Juli.

Video: Transfer Morata Tentukan Nasib Rooney



(ASM)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

7 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /