Wayne Rooney dalam Angka

Rendy Renuki H    •    09 Juli 2017 21:58 WIB
liga inggris
Wayne Rooney dalam Angka
Wayne Rooney (AFP PHOTO / PAUL BARKER)

Metrotvnews.com, Liverpool: Wayne Rooney resmi merampungkan kepindahannya ke Everton, Minggu 9 Juli. Wazza--sapaan akrabnya pulang ke Goodison Park setelah 13 tahun berkarier di Manchester United.

Rooney meresmikan kepindahannya dan diikat kontrak dua tahun oleh Everton. Namun, nominal transfer Rooney belum secara resmi diumumkan oleh The Toffees.

Rooney sendiri bukan sosok yang asing bagi Everton. Memulai karier di akademi muda Everton, Rooney menjelma menjadi striker ganas di kotak penalti lawan.

(Baca: Wayne Rooney Resmi Pulang ke Everton)


Terbukti sederet prestasi dan rekor telah didapatkan pemain 31 tahun tersebut. Mulai menjadi top skorer sepanjang masa MU dan juga Timnas Inggris.

Wazza juga tercatat pernah menjadi pencetak gol termuda di Liga Primer Inggris. Torehan itu diciptakannya saat masih berseragam Everton.

Berikut beberapa catatan Wayne Rooney dalam angka:

- Rooney menjadi top skorer sepanjang masa bagi Manchester United mengalahkan rekor Bobby Chartlon. Total, Rooney telah mencetak 253 gol dari 559 laga di semua kompetisi bagi Setan Merah.

- Penampilan terakhir Rooney untuk Everton terjadi pada 4.803 hari lalu. Kala itu Rooney bermain memperkuat The Toffees saat melawan Manchester City pada 15 Mei 2004.

- Rooney tercatat menjadi pencetak gol termuda di Liga Primer Inggris saat berkostum Everton. Ia mencetak gol ke gawang Arsenal pada 2002 silam di usia 16 tahun 260 hari.

- Pengalaman pertama Rooney memperkuat Everton terjadi para 17 Agustus 2002. Ia masuk sebagai pemain pengganti saat melawan Tottenham Hotspur yang berakhir imbang 2-2.

- Selama memperkuat Everton, Rooney telah  menghasilkan 17 gol dari 77 laga sebelum hijrah ke MU pada 2004.

- Selain di level klub, Rooney juga mencatatkan rekor di Timnas Inggris. Ia menjadi top skorer The Three Lions dengan torehan 53 gol, yang kembali mengalahkan Bobby Charlton dengan 49 gol.

- Rooney juga mencetak rekor sebagai penampil terbanyak di Timnas Inggris dengan 119 laga. Torehan itu diciptakan Rooney pada 11 November 2016 lalu.

Video: Ratu Tisha Ingin PSSI Bersinergi dengan Pengurus Daerah
 


(REN)

Chelsea Ikut Ramaikan Perburuan Renato Sanches
Bursa Transfer Pemain

Chelsea Ikut Ramaikan Perburuan Renato Sanches

26 minutes Ago

Kabar mengenai masa depan Renato Sanches rupanya dibenarkan CEO Muenchen Karl-Heinz Rummenigge.…

BERITA LAINNYA
Video /