Pada Hari Ini

1905: Liverpool Cetak Sejarah di Liga Inggris

Rendy Renuki H    •    16 April 2017 06:00 WIB
pada hari ini
1905: Liverpool Cetak Sejarah di Liga Inggris
(Paul ELLIS / AFP)

Metrotvnews.com, Liverpool: Pada hari ini, 16 April 1905, Liverpool mencetak sejarah sebagai klub Inggris pertama yang mampu menjuarai gelar liga setelah baru promosi ke kasta tertinggi. Ini merupakan gelar liga kedua The Reds setelah sebelumnya dimenangkan pada musim 1900--1901.

Usai promosi, Liverpool langsung membuat kejutan dengan menjuarai Liga Inggris. Namun, Si Merah hanya finis di posisi ke-17 musim berikutnya dan kembali terlempar ke Divisi Dua musim 1903--1904.

Tetapi Liverpool kembali berhasil promosi ke liga utama di musim 1904--1905. Si Merah sempat terkatung-katung di awal musim tersebut setelah menjalani start buruk.

Liverpool kala itu menelan tiga kekalahan dari tiga laga awal. Namun, seolah mendapat keajaiban, Liverpool cepat berbalik kembali ke jalur kemenangan.

(Baca: 1989: 96 Suporter Liverpool Tewas pada Tragedi Hillsborough)


The Reds memetik 12 kemenangan dari 15 laga untuk menduduki puncak klasemen di pertengahan Desember 1904. Penampilan mengesankan mereka berlanjut di paruh musim berikutnya yang bersaing dengan Preston North End di puncak klasemen.

Namun, Liverpool berhasil mengungguli Preston lima poin pada 16 April 1905 yang menyisakan tiga pertandingan lagi. Perebutan gelar pun semakin memanas ketika pada laga pekan terakhir Liverpool kalah 2-3 di markas Bolton Wanderers.

Namun, beruntung bagi The Reds, karena Preston pun mengalami nasib sama. Preston yang berpeluang menyamai poin Liverpool justru kalah 0-2 oleh Sunderland dan memastikan Liverpool meraih gelar Liga Inggris keduanya. (TDIFH)

Video: Berlusconi Resmi Jual AC Milan
 


(REN)

Glik Yakin Monaco Bisa ke Final Liga Champions
Jelang Leg I AS Monaco vs Juventus

Glik Yakin Monaco Bisa ke Final Liga Champions

6 hours Ago

Bek AS Monaco, Kamil Glik yakin timnya bisa mengejutkan Juventus dan mencapai final Liga Champi…

BERITA LAINNYA
Video /