Arsenal 2018--2019

Selebrasi Bermuatan Politis, Mustafi Lolos dari Hukuman

Gregorius Gelino    •    04 September 2018 12:03 WIB
liga inggris
Selebrasi Bermuatan Politis, Mustafi Lolos dari Hukuman
Bek Arsenal, Shkodran Mustafi (AFP/Patrik Stollarz)

Cardiff: Bek Arsenal, Shkodran Mustafi, lolos dari hukuman Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Mustafi melakukan selebrasi membentuk Elang Albania setelah mencetak gol pertama bagi The Gunners dalam laga melawan Cardiff City yang berakhir bagi kemenangan Arsenal dengan skor tipis 2-3.

Selebrasi tersebut, menurut Sky Sports, dilakukan sebagai bentuk solidaritas kepada rekan setimnya, Granit Xhaka, yang mendapat kritikan di Swiss karena akar keluarganya yang merupakan imigran Albania.

Baca: 10 Nominasi Gol Terbaik FIFA: Real Madrid Sumbang Dua Wakil

Xhaka, bersama Xherdan Shaqiri, sebelumnya mendapat sanksi dari FIFA lantaran melakukan selebrasi serupa ketika mencetak gol di laga grup Piala Dunia kontra Serbia.

Seperti diketahui, Xhaka memiliki darah Albania dari orang tuanya. Orang tua Xhaka memilih hijrah dari Albania ke Swiss untuk menghindari konflik Serbia-Albania yang pecah setelah Perang Balkan.

FIFA dan beberapa organisasi induk sepak bola regional lainnya melarang adanya unsur politis dalam kegiatan sepak bola. Beberapa pemain seperti Frederic Kanoute, selain Xhaka dan Shaqiri, pernah dihukum lantaran melakukan selebrasi bermuatan politis.

Video: Lima Atlet Indonesia yang Pensiun Usai Asian Games 2018

 


(ASM)


Video /