Arsenal 2018--2019

Di Tangan Emery, Arsenal bakal Mirip Barcelona

Patrick Pinaria    •    05 September 2018 14:48 WIB
arsenal
Di Tangan Emery, Arsenal bakal Mirip Barcelona
Unai Emery (Foto: AFP/Ian Kington)

London: Kebersamaan Arsenal dengan Unai Emery nyaris dua bulan. Selama ditangani pelatih asal Spanyol tersebut, gaya permainan The Gunners ternyata dinilai mirip Barcelona. 

Hal itu disampaikan oleh legenda Arsenal Sol Campbell. Namun, menurut mantan pemain timnas Inggris tersebut, butuh banyak perbaikan untuk para pemain untuk bisa menyesuaikan filosofi El Barca yang diterapkan Emery.

"Saya pikir ini semua mengenai filosofi baru. Pemain sedang menyesuaikan filosofi yang diterapkan pelatih. Tetapi, Anda butuh waktu untuk menerapkannya dengan baik," ujar Campbell.

"Mereka bermain sangat dalam, hampir seperti Barcelona memulai permainan. Mungkin gaya permainan ini belum terbiasa bagi Arsenal untuk memulai dengan permainan yang dalam dan mengumpan-umpan bola," tambahnya.

"Namun, mereka dapat melakukannya. Mereka adalah pemain berkualitas. Tetapi, mereka hanya butuh waktu sedikit untuk beradaptasi," tutur Campbell.

Arsenal memang lebih sering bermain umpan-umpan pendek dan menguasai bola selama ditangani Emery. Contoh saja di Liga Primer Inggris musim 2018--2019. Menurut statistik Whoscored, penguasaan bola Arsenal mencapai 52,3 persen hingga pekan keempat kompetisi begulir.

Sementara itu, intensitas mereka dalam bermain operan pendek juga tinggi. Tercatat, ada 453 operan pendek yang mereka lepaskan dalam empat pertandingan terakhir. Jika dipresentase bisa mencapai 86 persen. (Goal)


(ASM)


Video /