8 Pelatih yang Berpeluang Gantikan Conte di Chelsea

Gregah Nurikhsani Estuning    •    06 Februari 2018 11:18 WIB
antonio conte
8 Pelatih yang Berpeluang Gantikan Conte di Chelsea
Ekspresi Antonio Conte usai Chelsea dibantai Watford 1-4. (Foto: AFP PHOTO / Glyn KIRK)

Jakarta: Kekalahan Chelsea atas Watfrod membuat posisi Antonio Conte menjadi sangat rawan. Menyusul hasil minor tersebut, muncul beberapa nama yang siap menjadi pengganti Conte di Stamford Bridge.

Meski menelan kekalahan memalukan, manajer asal Italia itu sama sekali 'tidak khawatir' posisinya akan digantikan oleh figur lain. Pada sesi konferensi pers pasca-pertandingan, eks pelatih Juventus tampak legawa sekalipun manajemen klub menendangnya dari kursi kepelatihan.

"Saya tidak khawatir. Besok adalah hari baru. Mungkin saya akan tetap melatih Chelsea, mungkin juga tidak," ujar Conte dikutip dari laman resmi klub.

"Saya akan mencoba segalanya, jika tidak cukup, klub tahu apa yang bisa mereka putuskan," sambungnya.
 

Klik: Timnas Italia Tunjuk Di Biagio sebagai Pelatih Sementara


Beberapa manajer langsung dikait-kaitkan untuk menggantikan sosok berusia 48 tahun tersebut. Luis Enrique, mantan pelatih kepala Barcelona, paling diunggulkan versi rumah taruhan di Eropa.

Enrique paling berpeluang bukan saja karena curriculum vitae-nya, tapi juga saat ini dirinya masih menganggur pasca-mundur dari Barcelona. Selama tiga tahun di Camp Nou, ia sukses memberikan dua gelar La Liga, tiga Copa del Rey, dan satu Liga Champions.

Mantan manajer The Blues, Guus Hiddink juga masuk bakal calon manajer. Pria asal Belanda yang juga pernah membawa Korea Selatan menembus empat besar Piala Dunia 2002 adalah nama yang cukup familiar buat publik Stamford Bridge.

Hiddink pernah membesut Chelsea dua kali, yakni pada 2009 dan musim 2015 -- 2016. Satu gelar Piala FA berhasil ia persembahkan kepada Frank Lampard cs kala itu.
 

Klik: Conte Beberkan Penyebab Kekalahan Memalukan Chelsea


Dari Italia, muncul Massimiliano Allegri, pelatih kepala Juventus yang berpeluang meneruskan tongkat kepemimpinan Conte. Selain itu, ada pula Carlo Ancelotti, pelatih yang pernah memberikan gelar Liga Primer Inggris 2009 -- 2010 meski akhirnya dipecat semusim berikutnya.

Diego Simeone, Brendan Rodgers, sampai Joachim Loew turut hadir sebagai calon suksesor Conte. Tapi, nama populer yang mungkin bakal diamini suporter Chelsea adalah pelatih asal Jerman, Thomas Tuchel.

Sama seperti beberapa kandidat lain, Tuchel juga masih menganggur. Ia memilih angkat koper dari Stuttgart karena dengan terbuka mengutarakan keinginannya melatih 'tim besar'. Bak gayung bersambut, pantauan medcom.id di media sosial Twitter melihat sejumlah suporter Chelsea membuat tagar #TuchelIn.

Chelsea masih belum membuat keputusan, tapi melihat pendahulu Conte, tampaknya tinggal menunggu waktu saja sebelum manajemen klub resmi memecatnya.

Selain Ancelotti yang dipecat semusim pasca memberikan gelar Liga Primer Inggris, Roberto Di Mateo juga mendapatkan nasib serupa. Ia didepak meski berhasil membawa pulang gelar Liga Champions tahun 2012.

Tiga tahun berselang, giliran Jose Mourinho yang ditendang dari Stamford Bridge. Padahal The Special One sukses memenangi trofi Liga Primer Inggris tahun 2015.

Video: Persija Kenalkan Jersey Baru
 


(ASM)


Video /