5 Pemain Jadi Tumbal 'Kekejaman' Mourinho

Patrick Pinaria    •    08 April 2017 21:57 WIB
liga inggrismanchester united 2016--2017
5 Pemain Jadi Tumbal 'Kekejaman' Mourinho
Iker Casillas (kiri) saat berbincang dengan Jose Mourinho (Kanan) (Foto: AFP/Kevork Djansezian)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jose Mourinho dikenal sebagai pelatih yang berprestasi. Namun, di balik prestasinya, pelatih asal Portugal tersebut juga dikenal sebagai pelatih yang 'kejam' dengan pemain. Jika tak bisa berkembang di bawah asuhannya, ia tak akan segan mengkritik bahkan mendepak pemain tersebut.

Contoh saja Luke Shaw. Bek asal Inggris tersebut menjadi pemain yang kerap dikritik Mourinho pada musim ini. 

Salah satu kritik didapat Shaw setelah MU ditahan imbang Everton dengan skor 1-1, Rabu 5 April. Ketika itu, Mourinho secara mengejutkan menyindir performa Shaw yang dipercaya tampil sebagai pemain pengganti. Ia menganggap bek asal Inggris tersebut bukan pemain yang cerdas.

Baca: Bali United Permalukan Persib di GBLA

"Ia (Shaw) bermain bagus pada laga tersebut, tetapi performanya bagus berkat bantuan instruksi saya. Saya selalu berada di depannya dan menuntunnya," ujar Mourinho.

Namun, kritik tak membuat Shaw patah semangat. Ia justru mengintrospeksi diri dan berjanji akan memperbaiki performanya.

"Saya tidak terpuruk. Saya akan berjuang hingga akhir. Semuanya akan saya lakukan untuk bisa bertahan di klub ini. Saya mencintai Manchester United. Selanjutnya, saya akan berlatih lebih keras dari sebelumnya," tegas mantan fullback Southampton tersebut.

Baca: FIFA Umumkan Kerugian pada 2016

Shaw bukan satu-satunya pemain yang pernah merasakan 'kekejaman' Mourinho. Sebelumnya, Bastian Schweinsteiger yang mendapatkan nasib serupa dengan Shaw.

Bahkan, gelandang asal Jerman tersebut mendapat perlakuan lebih buruk dari Mourinho. Ia sempat dipinggirkan dari skuat utama saat melakoni sesi latihan pada awal musim. Hingga akhirnya, ia memutuskan pindah ke salah satu klub MLS Chicago Fire pada Maret.

Selain kedua pemain tersebut, masih ada beberapa pemain yang juga menjadi korban perlakuan buruk Mourinho di beberapa klub yan gdilatih. Berikut di antaranya yang dirangkum Metrotvnews.com:

1. Iker Casillas (Real Madrid)


(AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Casillas menjadi salah satu korban dari kekejaman Mourinho. Kiper asal Spanyol tersebut harus terpinggirkan dari skuat utama pada musim 2012--2013 yang merupakan musim terakhir Mourinho di Madrid. Pada periode tersebut, Mourinho lebih mengandalkan Diego Lopez.

Keputusan Mourinho meminggirkan Casillas memang terasa mengejutkan. Mengingat, ia merupakan pemain andalan Madrid selama sedekade terakhir.

2. Kaka (Real Madrid)


(AFP/Miguel Riopa)

Permasalahan Kaka di Madrid memang cukup rumit. Sebab, ia jarang mendapat kesempatan tampil karena diganggu dengan permasalahan cedera.

Hal itu pula yang membuat performa Kaka menurun. Hingga akhirnya, Mourinho memutuskan untuk meminggirkan Kaka dan lebih memilih Mesut Oezil.

Meski demikian, Kaka juga mengakui memang memiliki perbedaan pendapat dengan Mourinho. "Memang benar ada perbedaan pendapat di antara kami dalam melihat beberapa hal. Tetapi, saya tidak punya pilihan dan hanya ingin terus bekerja keras. Itulah yang saya bisa lakukan," ujar Kaka.

Selama tiga musim dilatih Mourinho, Kaka mendapat kesempatan tampil sebanyak 87 kali di seluruh kompetisi. 

3. Juan Mata 


(AFP/Ian Kington)

Sejak direkrut dari Valencia pada 2011, Mata sukses merebut hati pelatih Chelsea Andre Villas Boas berkat performa apiknya. Ia pun sukses menjadi andalan The Blues selama dua musim.

Namun, peruntungan Mata berubah ketika Chelsea mendatangkan Jose Mourinho pada 2013. Selama ditangani Mourinho, gelandang asal Spanyol tersebut jarang mendapat kesempatan tampil. Total, ia hanya membukukan 17 kali di seluruh kompetisi.

Melihat situasi ini, Mata akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Chelsea pada bursa transfer Januari 2014. Ketika itu, ia bergabung dengan Manchester United.

4. Kevin De Bruyne


(AFP/Carl Court)

Kisah buruk juga dirasakan Kevin De Bruyne ketika dilatih Mourinho di Chelsea. Pemain asal Belgia itu tidak banyak mendapat kesempatan bermain selama bermain di bawah asuhan Mourinho.

Semakin terasa pahit karena De Bruyne jarang berkomunikasi dengan Mourinho. Ia mengungkapkan hanya diajak berbicara oleh sang pelatih sebanyak dua kali.

De Bruyne memutuskan hengkang dari Chelsea dan bergabung ke Wolfsburg pada 2014. Kemudian, ia bergabung dengan Manchester City pada 2016.

5. Romelu Lukaku


(AFP/Odd Andersen)

Lukaku menjadi salah satu pemain berbakat yang dibuang Mourinho. Bahkan, penyerang asal Belgia itu sudah tak mendapat kesempatan bermain pada musim perdana Mourinho melatih Chelsea (2013--2014). Pada periode itu, Lukaku langsung dilepas ke Everton dengan status pinjaman. 

Dibuang ke Everton tak membuat Lukaku patah semangat. Ia justru mampu menunjukkan permainan impresif selama berseragam Everton. Buktinya, ia sukses mencetak 16 gol dari 33 penampilan di seluruh kompetisi.

Tetapi, performa impresif Lukaku selama di Everton tak menarik perhatian Mourinho. Pelatih asal Portugal itu bahkan lebih memilih merekrut Diego Costa dari Atletico Madrid dan membiarkan Lukaku bergabung ke Everton secara permanen.


Video: Villareal Menang atas Athletic Bilbao 3-1

 


(PAT)

Prediksi Laos vs Indonesia: Timnas U-16 Menatap Piala Asia
Jelang Laos vs Indonesia

Prediksi Laos vs Indonesia: Timnas U-16 Menatap Piala Asia

55 minutes Ago

Timnas Indonesia U-16 akan melakoni laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Sku…

BERITA LAINNYA
Video /