Middlesbrough vs Arsenal

Alasan Wenger Pakai Strategi Tiga Bek saat Jumpa Boro

Patrick Pinaria    •    18 April 2017 14:04 WIB
liga inggrisarsenal 2016--2017
Alasan Wenger Pakai Strategi Tiga Bek saat Jumpa Boro
Arsene Wenger (Foto: AFP/Lindsey Parnaby)

Metrotvnews.com, Middlesbrough: Perubahan strategi dilakukan pelatih Arsenal Arsene Wenger saat bertandang ke markas Middlesbrough di Liga Primer Inggris, Selasa 18 April. Ketika itu, pelatih asal Prancis itu menerapkan formasi 3-5-2.

Pola tiga bek yang diterapkan Wenger lantas menuai pertanyaan. Maklum, pelatih 67 tahun tersebut lebih sering menggunakan formasi dengan empat bek hampir setiap laga. Terakhir, kali ia mengenakan formasi tiga bek ketika menghadapi Derby County pada Mei 1997.

Wenger punya alasan kembali menggunakan formasi tiga bek saat menghadapi Middlesbrough. Ia mengaku formasi itu digunakan untuk mengantisipasi permainan bola-bola panjang dari tim tamu.

Baca: Bayern Muenchen Sering Kalah di Tanah Spanyol

"Saya merasa formasi ini menambahkan sedikit stabilitas kami dalam mengantisipasi umpan-umpan panjang. Kami menghadapi tim yang mengandalkan permainan direct dan kami hanya sedikit menerima kerugian pada laga ini," ujar Wenger.

"Strategi ini membuat lawan lebih banyak konsentrasi menguasai bola. Saat kami melawan Palace, kami bisa menguasai bola sebanyak 70 persen, tetapi kami justru kalah. Terkadang, kami ingin menguasai bola. Tetapi, ketika tim sedang kurang percaya diri, kami harus mengubah sistem untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda," tambahnya.

Baca: 1905: Cerita Awal Real Madrid Raih Trofi Perdana

Strategi tiga bek Wenger memang terbilang jitu. Buktinya, Arsenal mampu meraih kemenangan atas Middlesbrough dengan skor 2-1.

Tambahan tiga angka membuat Arsenal berhasil mempertahankan posisi mereka di peringkat keenam klasemen dengan mengoleksi 57 poin. Mereka terpaut tujuh poin dari Manchester City yang berada di peringkat keempat klasemen sementara.

Meski tertinggal tujuh poin, Arsenal masih memiliki kesempatan untuk bersaing merebut posisi keempat atau zona Liga Champions. Mengingat, mereka baru bertanding 31 kali di Liga Inggris. Sedangkan City sudah memainkan 32 pertandingan. (Sportsmole)


Video: Paulo Dybala Perpanjang Kontrak dengan Juventus

 


(ACF)

Renato Sepakat ke Milan, MU Siap Gigit Jari
Bursa Transfer Pemain

Renato Sepakat ke Milan, MU Siap Gigit Jari

5 hours Ago

Dalam kesepakatan itu menyebut kalau Rossoneri akan membayar sebesar 35 juta Poundsterling atau…

BERITA LAINNYA
Video /