Pada Hari Ini

1999: Gol Ikonik Ryan Giggs ke Gawang Arsenal di Piala FA

Rendy Renuki H    •    14 April 2017 09:00 WIB
pada hari ini
1999: Gol Ikonik Ryan Giggs ke Gawang Arsenal di Piala FA
Ryan Giggs (manutd.com)

Metrotvnews.com, London: Pada hari ini, 14 April 1999 silam, salah satu legenda Manchester United, Ryan Giggs mencetak gol ikonik yang terus diingat hingga kini. Terlebih, golnya itu menjadi penentu kemenangan MU atas Arsenal di semifinal Piala FA.

Rivalitas panas antara Setan Merah dan Meriam London memang kerap terjadi, tak terkecuali pada laga tersebut. Pertemuan pertama yang berakhir tanpa gol tiga hari sebelumnya, membuat kedua tim harus menjalani laga rematch.

Drama menegangkan tersaji pada laga ulangan ini. Bagaimana tidak, kemenangan menakjubkan MU diwarnai dengan beberapa momen mengejutkan seperti kartu Merah Roy Keane hingga kegagalan penalti Dennis Bergkamp.

(Baca: Infografis: Rekam Jejak 100 Gol Ronaldo di Panggung Eropa)

MU sempat unggul lebih dahulu lewat gol jarak jauh David Beckham menit ke-17. Tembakannya memanfaatkan sodoran Teddy Sheringham tak mampu digapai kiper The Gunners kala itu, David Seaman.

Namun, Arsenal yang mengandalkan Bergkamp akhirnya bereaksi di babak kedua dan menyamakan kedudukan. Tendangan jarak jauh Bergkamp yang memantul Jaap Stam membuat kiper MU, Peter Schmeichel tak siap memblok bola.

Giggs yang menjadi pahlawan pada laga itu pun akhirnya diturunkan Sir Alex Ferguson menit ke-62 menggantikan Jasper Blomqvist. Usai pergantian itu, MU sempat dikejutkan dengan gol Nicholas Anelka menit ke-72, namun dianulir karena offside.

MU mulai bermain dengan 10 orang sejak menit ke-74 setelah Keane menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Marc Overmars. Terapi kejut bagi para fan MU pun masih berlanjut setelah Arsenal mendapat hadiah penalti pada babak perpanjangan waktu.




Beruntung, Schmeichel dengan baik mampu membaca arah bola eksekusi Bergkamp. Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama babak perpanjangan waktu berakhir.

Klimaks pada laga itu akhirnya terjadi di menit ke-109. Kesalahan umpan Patrick Vieira dengan mudah dikuasai Giggs yang menggiringnya dari mulai area sendiri, hingga ke gawang Arsenal.

Giggs berlari menyusuri sisi kiri melewati empat pemain Arsenal, termasuk Vieira. Pemain yang merupakan angkatan "Class of 92" bersama Beckham, Gary dan Phill Neville, Nicky Butt, serta Paul Scholes ini menuntaskannya dengan tembakan keras yang tak mampu dibendung Seaman.

Skor 2-1 bagi kemenangan MU pun bertahan hingga laga usai. MU akhirnya sukses melaju ke final dan berhasil memenangkan Piala FA musim itu setelah mengalahkan Newcastle United dengan skor 2-0.

Musim 1998-1999 itu pun menjadi era tersukses Setan Merah. Karena usai menjuarai Piala FA, MU mampu meraih treble winners dengan menjuarai gelar liga dan Liga Champions. (TDIFH/Guardian)

Video: 36 Ribu Tiket Laga Persib vs Arema Habis Terjual
 


(REN)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

10 minutes Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /