Manchester City vs Everton

Tepis Dua Penalti, Stekelenburg Ikuti Jejak Enam Kiper

Krisna Octavianus    •    16 Oktober 2016 13:00 WIB
liga inggris
Tepis Dua Penalti, Stekelenburg Ikuti Jejak Enam Kiper
Maarten Stekelenburg (tengah-hijau) sesaat setelah menepis tendangan Kevin De Bruyne (Foto: SCOTT HEPPELL / AFP)

Metrotvnews.com, Manchester: Kiper Everton, Maarten Stekelenburg tampil luar biasa saat membantu timnya menahan imbang Manchester City, Sabtu 15 Oktober malam WIB. Ia berhasil menepis dua penalti dalam satu pertandingan dan itu menjadikannya masuk jajaran elit tujuh kiper yang berhasil menepis dua penalti dalam satu pertandingan di ajang Liga Primer Inggris.

Pemain asal Belanda itu kali menerbangkan badannya ke kiri untuk menghentikan penalti Kevin De Bruyne pada menit ke-43. Kemudian ia menjatuhkan badan ke arah yang sama untuk menepis sepakan Sergio Aguero pada menit ke-70.

Dua tepisan penalti tadi malam membuat kiper tim nasional Belanda itu berhasil menepis tujuh tendangan penalti selama kariernya. Selain tampil apik karena menepis dua tendangan penalti, ia juga tampil luar biasa dengan menggagalkan beberapa usaha pemain City, termasuk tendangan jarak jauh De Bruyne dengan tepisan jari pada menit akhir.

"Saya sudah pernah menepis tendangan penalti sebelumnya, tapi tidak pernah dua kali dalam satu pertandingan. Tidak ada rahasia untuk itu. Anda hanya harus menunggu selama mungkin dan kemudian menjatuhkan badan ke sudut yang tepat," ujar Stekelenburg seperti dikutip dari evertonfc.com.

Sebelum Stekelenburg, ada enam kiper yang sudah lebih dulu berhasil menghalau penalti dua kali dalam satu pertandingan. Mantan kiper Ajax Amsterdam itu menjadi kiper Belanda kedua yang bisa melakukan hal itu di Liga Primer Inggris. Sebelumnya, ada Edwin van der Sar sewaktu bermain di Fulham.

Mark Bosnich adalah yang pertama untuk menyelamatkan dua penalti dalam satu dalam pertandingan yang sama pada musim 1993--1994. Kiper terakhir sebelum Stekelenburg yang melakukan hal serupa adaah Heurelho Gomes. Hebatnya, Gomes melakukannya dua kali pada dua kesempatan terpisah.

Berikut deretan kiper yang pernah menepis dua penalti dalam satu pertandingan:
 
Pemain Tim Lawan Tanggal
Mark Bosnich Aston Villa Tottenham 02/03/94
Pavel Srnicek Sheffield Wednesdey Aston Villa 18/02/05
Edwin van Der Sar Fulham Aston Villa 02/02/05
Brad Friedel Blackburn Sheffield United 09/09/06
Jussi Jaaskelainen Bolton Blackburn 22/10/06
Heurelho Gomes Tottenham Sunderland 03/04//10
Heurelho Gomes Hull City West Brom 16/04/16
Maarten Stekelenburg Everton Man City 15/10/16


 


(KRS)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

2 hours Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /