Pada Hari Ini

1887: Awal Mula Rivalitas Arsenal dengan Tottenham Hotspur

Kautsar Halim    •    19 November 2017 10:50 WIB
tottenham hotspur 2017--2018arsenal 2017--2018arsenal vs tottenham hotspur
1887: Awal Mula Rivalitas Arsenal dengan Tottenham Hotspur
Striker Arsenal Thierry Henry sedang melakoni Derby London Utara. (MI FOTOGRAFER/Campuran)

Jakarta: Tottenham Hotspur dan Arsenal sudah saling bertanding sejak 19 November 1887 silam. Saat itu, laga yang dikenal dengan julukan Derby London Utara itu masih belum sesuai dengan letak geografis Arsenal.

The Gunners--julukan Arsenal masih berada di kawasan London Selatan kala bentrok pertama kali dengan Spurs. Pertandingannya terselenggara dalam format laga persahabatan di markas Spurs yang masih bernama Tottenham Marshes.

Spurs keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 dalam laga perdana tersebut. Gol penentunya baru tercipta ketika laga tersisa 15 menit karena jalannya pertandingan berlangsung sengit. Meski begitu, rivalitas antara Spurs dan Arsenal belum terlalu mencolok pada saat itu.


Klik: Dikalahkan Napoli, Montella Puji Penampilan Milan


Pertemuan Arsenal dengan Spurs terus berlanjut dan salah satunya lewat Liga Inggris pada Desember 1909. Saat itu, malah Arsenal yang keluar sebagai pemenang dengan skor tipis, 1-0.

Rivalitas baru semakin kental ketika Arsenal meninggalkan London Selatan dan pindah ke Highbury pada 1913. Lokasi itu berada di London Utara dan hanya berjarak 4 mil dari White Hart Lane yang merupakan markas kebesaran Spurs. Sejak saat itu, pertandingan keduanya baru sah dijuluki Derby London Utara.


Klik: Salah Pecahkan Rekor


Terhitung sejak 1909, Derby London Utara sudah dimainkan sebanyak 168 kali. Sementara ini, Arsenal lebih unggul karena sudah menang 69 kali dan baru kalah 52 kali. Keduanya juga sudah bertanding dengan hasil imbang sebanyak 47 kali.

Perhelatan terkini Derby London Utara berlangsung lewat Liga Primer Inggris 2017--2018 pada Sabtu 18 November. Saat itu, Arsenal berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor, 2-0. (tdifh)

 


(KAU)


Video /