Wenger: Pemain Inggris Jago Diving

Gregah Nurikhsani Estuning    •    08 Februari 2018 21:35 WIB
liga inggris
Wenger: Pemain Inggris Jago Diving
Harry Kane dan Loris Karius berebut bola. (Foto: AFP PHOTO / PAUL ELLIS)

London: Sindiran keluar dari manajer Arsenal, Arsene Wenger. Ia menilai pemain-pemain asal Inggris jagonya melakukan diving.

Gelandang serang Tottenham Hotspur, Dele Alli dihadiahi kartu kuning karena diving kala menghadapi Liverpool. Masih pada pertandingan yang sama, Virgil van Dijk mengklaim Harry Kane juga melakukan hal serupa.

Wenger pernah blak-blakan mengatakan jika Raheem Sterling melakukan 'diving dengan baik' ketika The Gunners tumbang atas Manchester City, November tahun lalu. Rentetan sandiwara itu membuat manajer asal Prancis tersebut murka.

"Saya ingat dahulu pemain-pemain asing juga suka melakukan diving, sepertinya pemain dari Inggris cepat belajar, mereka sekarang lebih jago, mungkin masters of diving," kata Wenger dikutip dari BBC.
 

?Klik: Persija Resmi Dapatkan Pengganti Ivan Carlos


Manajer berjuluk The Professor itu lantas meminta agar ketidaksportivitasan seperti diving agar lenyap dari sepak bola. Wasit dituntut untuk lebih jeli dalam mengatasi hal ini.

"Saya tidak meminta pemain untuk diving, sama sekali tidak. Perbuatan seperti itu seharusnya dihilangkan. Terkadang pemain bermain di luar peraturan. Seberapa jauh mereka mau berbuat itu? Tinggal bagaimana wasit memimpin," sambung Wenger.

Menariknya, di sisi lain, tahun 2012, Michael Owen menyalahkan pengaruh pemain asing terkait perilaku diving ini. Mantan striker Newcastle United, Liverpool, Manchester United dan Real Madrid itu mengklaim pesepak bola dari Amerika Selatan, Spanyol, dan Italia memperparah kebiasaan diving di Inggris.

Video: 60 Tahun Tragedi Muenchen Diperingati di Old Trafford
 


(RIZ)


Video /