Jelang Liverpool vs Manchester United

5 Alasan yang Bisa Membuat Liverpool Menang atas MU

Achmad Firdaus    •    17 Oktober 2016 22:17 WIB
liga inggris
5 Alasan yang Bisa Membuat Liverpool Menang atas MU
Ilustrasi: M.Rizal (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Duel sengit antara dua tim tersukses di tanah Inggris, yakni Liverpool dan Manchester Inggris akan tersaji di Stadion Anfield, dini hari nanti. Siapa yang akan menang?

Tentunya masing-masing orang punya prediksinya masing-masing. Namun, jika melihat performa kedua tim di Liga Primer Inggris musim ini, fan Liverpool boleh menepuk dada.

Tim besutan Juergen Klopp tampil cukup apik sejauh ini. Dari tujuh laga yang telah mereka lakoni di musim ini, The Reds sukses meraih lima kemenangan. Bahkan, empat laga terakhir jelang laga sarat gengsi ini sukses diakhiri The Kop dengan kemenangan.

Dengan hanya sekali menelan kekalahan, Liverpool berhak duduk di posisi empat klasemen sementara dengan koleksi 16 poin, atau hanya terpaut tiga angka dari Manchester City di puncak klasemen.
 

Baca: Dinilai Kurang Buas, MU Bakal Kesulitan Hadapi Liverpool


Berbeda dengan tuan rumah, MU sejauh ini belum menunjukkan performa yang menjanjikan. Dari jumlah laga yang sama, pelatih anyar, Jose Mourinho hanya mampu memberikan empat kemenangan.

Dua kekalahan yang mereka derita dari Manchester City dan Watford membuat The Red Devils harus puas duduk di posisi tujuh klasemen sementara dengan 13 poin.

Berkaca dari fakta di atas, banyak kalangan menjagokan Liverpool bakal menang di pertandingan ini. Berikut 5 alasan yang diyakini bisa membuat Liverpool mengalahkan MU pada laga nanti.

1. Performa Liverpool Lebih Oke
Dari lima kemenangan yang diraih Liverpool musim ini, mereka sudah bertemu tiga dari empat tim yang menghuni posisi empat besar musim lalu. Hasilnya, Phillippe Coutinho dan kawan-kawan sukses meraih dua kemenangan dan sekali kalah.

Di pertandingan pembuka, The Reds sukses menekuk Arsenal 4-3 di Emirates Stadium meski sempat tertinggal. Selanjutnya, giliran sang juara, Leicester City, Liverpool yang mereka lumat dengan skor telak 4-1. Anak-anak Anfield Gank juga sukses mempertahankan keunggulan atas Chelsea dan menang 2-1. Sementara saat bermain imbang melawan Tottenham Hotspur, Liverpool tampil cukup baik dan hanya kurang beruntung lantaran finishing yang buruk dari para pemainnya.

2. Trio Coutinho, Firmino dan Mane jadi Ancaman Nyata
Kerja sama ketiga pemain di atas cukup apik ketika turun bersamaan. Buktinya, mereka sukses mencetak sembilan gol sejauh ini. Mereka masing-masing mencetak gol.

Ini tentunya bukan statistik yang bisa diabaikan Mourinho. Apalagi, barisan belakang MU sejauh ini belum terbukti kokoh lantaran sudah kebobolan delapan gol.
 

Baca juga: Sadio Mane Sesumbar Liverpool Bakal Tekuk MU


3. Sejarah
Sejak memasuki era Liga Primer pada 1992, Liverpool bisa dibilang hanya kompetitif di tiga musim, yakni pada 2001-2002, 2008--2009 dan 2013--2014, di mana mereka finis sebagai runner-up. Namun, uniknya di tiga musim tersebut mereka punya rekor yang apik saat menghadapi rival utamanya, Manchester United.

Liverpool sukses menekuk MU baik laga kandang maupun tandang. Rinciannya; menang 2-1 dan 1-4 di musim 2008--2009, menang 3-1 dan 0-1, dan menang 1-0 dan 0-3 di musim 2013--2014.



4. Persaingan Kompetitif di skuat Liverpool
Liverpool tergolong cukup berhasil dalam melakukan belanja pemain di bursa transfer musim panas ini. Para pemain yang baru datang sukses memberikan kompetisi yang kompetitif untuk menembus skuat utama The Reds.

Posisi penjaga gawang misalnya, Simon Mignolet yang sebelumnya kerap dikritik, kini mulai konsisten menunjukkan performa cemerlang karena mungkin tidak ingin posisinya digusur kiper anyat Loris Karius. Sejauh ini, Mignolet sudah tampil dalam lima laga, sementara Karius bermain di dua pertandingan sisa.

Di lini tengah, kehadiran Gini Wijnaldum juga memotivasi Emre Can untuk meningkatkan performanya. Sementara di lini depan, kehadiran Sadio Mane menambah sengit persaingan dengan Daniel Sturridge yang sejauh ini masih belum bisa terbebas dari problematika cedera.

Dengan persaingan sengit yang terjadi di dalam skuat, Liverpool memetik buah dari persaingan mereka berupa penampilan apik dari masing-masing pemain yang tidak ingin posisinya tergusur.

5. Head to Head Juergen Klopp vs Mourinho
Selain penampilan 11 pemain di atas lapangan, faktor kecerdikan pelatih juga bisa jadi penentu kemenangan sebuah tim dalam pertandingan.

Nah, pada pertandingan ini, fan Liverpool bisa mempercayakan pada Juergen Klopp. Pria asal Jerman ini tak hanya jago dalam meracik skuat, tapi ia juga memiliki rekor yang cukup apik saat melawan Jose Mourinho yang kini menukangi MU.

Sepanjang sejarahnya, Klopp sudah lima kali beradu cerdik dengan Mourinho. Empat laga di pentas Liga Champions saat menukangi Borussia Dortmund dan Mourinho menakhodai Madrid, dan satu pertandingan lain terjadi di Liga Primer Inggris saat Klopp sudah menukangi Liverpool dan Mourinho membesut Chelsea.

Hasilnya, Klopp sukses meraih tiga kemenangan dan hanya sekali kalah. Dan satu-satunya kekalahan itu tidak menghalangi langkah Dortmund untuk melaju ke final Liga Champions 2012--2013.

Head to head Klopp vs Mourinho


Video: Jelang Liverpool Vs Man United, Pengamat: Ini Laga Terbaik



(ACF)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

15 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /