Jelang Liga Primer Inggris 2017--2018

Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017--2018: Manchester United

Alfa Mandalika    •    10 Agustus 2017 09:20 WIB
liga inggrismanchester united 2017--2018
Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017--2018: Manchester United
Selebrasi gol Romelu Lukaku saat membobol gawang Real Madrid di Piala Super Eropa. Sayang, gol Lukaku tak mampu menyelamatkan MU dari kekalahan 1-2 (Foto: AFP PHOTO / Robert ATANASOVSKI)

MANCHESTER UNITED menyambut Liga Primer Inggris 2017 -- 2018 dengan penuh kepercayaan diri. Bagaimana tidak. Sang manajer, Jose Mourinho sudah mempersiapkan para pemain terbaik untuk menghadapi persaingan tingkat tinggi musim depan.

Berdasarkan data Transfermarkt Rabu 9 Agustus, ada tiga pemain United yang didatangkan oleh Mourinho sejauh ini. Mereka ialah bek Victor Lindelof, gelandang Nemanja Matic, dan striker Romelu Lukaku. Lalu, ada satu kiper lagi yang promosi dari United U-23, Joel Pereira.

Khusus bagi Lindelof, Matic, dan Lukaku mereka secara resmi dimainkan pada laga kompetitif menghadapi Real Madrid di ajang Piala Super Eropa dini hari tadi. Meski United gagal menjadi juara, Mourinho tetap angkat topi dengan kinerja para pemainnya.

Dia mengisyaratkan bahwa kekalahan dari Madrid bukanlah akhir segalanya. Justru, ia semakin melecut semangat anak-anak Setan Merah untuk berprestasi di Liga Primer Inggris yang bergulir akhir pekan ini.

"Kami memainkan tim yang penuh dengan pemain fantastis. Kami memberikan perlawanan, saya punya alasan untuk tetap optimistis dan bangga. Ayo bersiap untuk laga akhir pekan ini di Liga Primer Inggris," seru Mourinho saat jumpa pers usai berlaga di Piala Super Eropa.

Yang Datang dan Pergi
Mourinho tampaknya tak ingin menjadi pelengkap empat besar pada musim yang baru. Itu terlihat dari pergerakan bursa transfer pemain yang dia lakukan. Memang, tidak ada transfer fantastis seperti yang dilakukan Paris Saint Germain memboyong Neymar Da Silva Jr, namun apa yang dilakukan Mourinho terbilang efektif.

Dari lini pertahanan, Lindelof langsung menjadi incaran usai bermain apik bersama Benfica. Dia pun diboyong dengan mahar sebesar 35 juta euro. Sedangkan untuk lini tengah, gelandang Matic direkrut dari Chelsea. Matic yang disebut-sebut punya daya jelajah bermain yang oke serta visi misi bermain yang brilian dibeli dengan nilai 44,7 juta euro.
 

Baca: Mourinho Berikan Medali Piala Super Eropa kepada Pendukung MU


Lalu, untuk lini serang, United membawa mesin gol dari Everton, Lukaku. Harga Lukaku mencapai 84,7 juta euro. Sejauh ini, kehadiran para pemain baru mulai menunjukkan adaptasi yang baik. Buktinya, Lukaku langsung memborong tiga gol saat pramusim dan satu gol ketika melawan Madrid.

Sementara itu, United juga kehilangan beberapa pemain. Mereka ialah Adnan Januzaj menuju Real Sociedad, Wayne Rooney kembali ke Everton, Sam Johnstone ke Aston Villa, Cameron Borthwick-Jackson merapat ke Leeds United, dan Zlatan Ibrahimovic yang masa depannya belum ditentukan menuju klub mana.

Kehadiran Lukaku juga diharapkan bisa membawa dampak positif ke dalam klub. Maklum, pasca ditinggal oleh Ibrahimovic dan Rooney, United seperti kehilangan daya gedor. Beruntung, pemain macam Marcus Rashford, Jese Lingard, dan Henrikh Mkhitaryan kerap memecah kebuntuan.

Sejarah klub
Manchester United merupakan klub paling sukses di Liga Primer Inggris. Indikatornya, sudah 20 gelar Liga Primer yang mereka raih sepanjang klub berdiri.

United adalah klub sepak bola profesional yang bermarkas di Old Trafford, Inggris. Awalnya, United bernama Newton Heath LYR Football Club pada 1878. Lalu, berganti nama menjadi Manchester United pada 1902. The Red Devils resmi pindah ke Stadion Old Trafford pada 1910.

Selain memenangkan 20 gelar Liga Primer, mereka juga tercatat meraih 12 Piala FA, 5 Piala Liga, dan 21 FA Community Shield. Mereka juga pernah meraih tiga gelar Liga Champions, 1 gelar Liga Europa, 1 Piala Winners, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Intercontinental, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

Fakta menarik lainnya ialah, United menjadi tim Inggris pertama sepanjang sejarah yang meraih treble winners pada 1998 -- 1999. Ketika itu, Sir Alex Ferguson mempersembahkan gelar Liga Primer, Piala FA, dan Liga Champions.
 

Baca juga: MU Masih Berupaya Datangkan Fabinho


Selain punya sejarah manis, United juga punya catatan duka. Tepat pada 1958, delapan pemain United tewas pada kecelakaan pesawat di Munich dan menelan delapan korban jiwa.

Pascakecelakaan tragis, United terus berbenah dan 10 tahun kemudian, United menjadi tim Inggris pertama yang memenangkan Piala Eropa di bawah arahan manajer Matt Busby.

Setelah lewat era Busby, giliran nama Alex Ferguson yang mencuri perhatian. Total, ada 38 gelar yang dipersembahkan Ferguson untuk United termasuk 13 gelar Liga Primer, 5 Piala FA, dan 2 Liga Champions.

Pascamundurnya Ferguson, United sudah dua kali ganti pelatih. David Moyes dan Louis van Gaal dinilai gagal mengangkat pamor United. Kini, manajemen sepakat menunjuk Jose Mourinho untuk menakhodai United.

Catatan Mourinho pada musim perdana tak buruk. Ia mampu memberikan tiga gelar yakni Piala Liga, Piala FA, dan Liga Europa.

Mourinho pun mendapatkan tantangan untuk musim ini. Setidaknya, dia ditargetkan membawa United meraih gelar juara Liga Primer.



Prestasi di Liga Primer
United menjadi klub paling sukses di Inggris. Buktinya, catatan 20 gelar Liga Primer belum ada yang mampu menandingi.

Pertama kalinya United meraih kemenangan di Liga Primer terjadi pada 1907 -- 1908. Saat itu, United memimpin tabel klasemen sampai akhir musim. Menyusul di bawah United ada nama Aston Villa dan Manchester City.

Akan tetapi, perjalanan United tak selalu mulus. Sebab, United baru kembali juara pada 1951 -- 1952. Ketika itu, mereka mengungguli Tottenham Hotspur dan Arsenal.

Prestasi United paling terasa sejak kehadiran Alex Ferguson. Meski harus menunggu delapan tahun untuk menjadi juara, Ferguson mampu membangun tim United menjadi kekuatan yang menakutkan. Maka tak ayal 13 gelar Liga Primer dipersembahkan oleh Ferguson.

Dan terakhir kali United juga terjadi pada 2012 -- 2013. Mereka menang jauh atas Manchester City. United mengumpulkan 89 poin pada akhir musim. Sedangkan City, mereka meraih 78 poin. 

Statistik musim lalu
Manchester United gagal menjadi juara Liga Primer pada musim lalu. Mereka harus puas berada di posisi keenam. Statistik mencatat, United hanya mengumpulkan 69 poin dari 38 pertandingan yang mereka jalani.

Rincian poin tersebut ialah 18 kali menang, 15 kali imbang, dan lima kali kalah. Secara keseluruhan United memasukan 54 gol dan kemasukan 29 gol.

Secara produktivitas gol, United masih kalah dari enam klub Liga Primer lainnya yakni Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, Liverpool, Arsenal, dan Everton.

Berikut catatan statistik United versi whoscored:
Gol per game: 1,4
Akurasi umpan: 84,2%
Tembakan ke gawang: 15,6
Tekel: 18,2
Kartu kuning: 78
Kartu merah: 2

Prediksi musim ini
Tidak ada kata lain selain konsisten. Ya, United wajib konsisten pada setiap laga. United bisa belajar dari pengalaman musim lalu, di mana mereka sempat berada di papan atas hingga akhirnya harus finis di papan tengah.

Dengan kekuatan yang ada saat ini, United sangat bisa tampil impresif sejak awal. Setidaknya, United sudah mengirimkan sinyal saat tur pramusim. Mereka hanya sekali kalah dari tujuh pertandingan pramusim yang mereka lakoni.

Apalagi, United didukung oleh para pemain anyar yang siap memberikan kualitas terbaik. Selain itu, Mourinho juga wajib mencari formasi terbaru agar permainan Setan Merah tidak mudah terbaca. Sebab, setiap tim yang bertanding di Liga Primer terus melakukan eskperimen.

United juga harus mewaspadai tantangan dari para rival. Chelsea, Liverpool, Manchester City, dan Arsenal dipastikan takkan mau mengalah begitu saja musim depan. Apalagi, mereka juga sudah memboyong sejumlah pemain anyar.

Belum lagi ancaman dari tim seperti Tottenham Hotspur, Everton, dan Leicester City yang berpotensi memberikan kejutan.

Mourinho juga harus berpikir keras menghadapi jadwal yang padat. United yang menembus Liga Champions lantaran mendapatkan jatah juara Liga Europa harus pintar-pintar mengatur fisik pemain. Hal itu perlu dilakukan agar tidak terdengar lagi alasan melempem di Liga Primer lantaran jadwal yang padat.

Dengan mengandalkan skuat yang ada dan pemilihan pemain yang tepat serta bisa mengatur rotasi pemain, bukan mustahil United bisa merengkuh gelar Liga Primer ke-21.

Prediksi peringkat akhir musim 2017--2018: Juara

Video: Kalahkan MU, Real Madrid Pertahankan Piala Super Eropa?

 


(ACF)

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik <i>Winger</i> Juventus
AS Roma 2017--2018

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik Winger Juventus

1 hour Ago

Setelah tak lagi melakukan pengejaran kepada Riyad Mahrez, AS Roma dilaporkan mempertimbangkan …

BERITA LAINNYA
Video /