Pada Hari Ini

1909: Bologna Didirikan Seorang Pelajar dari Austria

Kautsar Halim    •    03 Oktober 2017 07:35 WIB
pada hari iniserie a
1909: Bologna Didirikan Seorang Pelajar dari Austria
Logo Bologna. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bologna FC sebagai salah satu klub kasta tertinggi Italia punya sejarah menarik. Ternyata, pendiri klub tersebut adalah seorang pelajar dari Austria yang punya minat besar terhadap sepak bola.

Seperti dilansir tdfih, pelajar yang punya tekad kuat itu bernama Emilio Ernstein. Bologna disebutkan klub kedua yang didirikan Ernstein karena ia bersama saudaranya sempat membangun klub sepak bola bernama Black Star FC di Austria.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Polandia dan Austria, Ernstein lantas hijrah ke Italia dan mulai mencari relasi yang mau mendukungnya mewujudkan hasrat membangun klub sepak bola di sana. Tekad kuatnya itu akhirnya bisa terwujud tepat pada hari ini 3 Oktober 1909.


Klik: Cedera Pergelangan Kaki Lukaku Tidak Parah


Hasil pendekatan Ernstein terhadap para pemangku kepentingan juga telah melahirkan struktur organisasi pertama untuk Bologna. Saat itu, diputuskan Louis Rauch yang berprofesi sebagai dokter gigi menjadi presiden klub, Guido Della Valle menjadi wakil presiden, Arrigo Gadi menjadi kapten tim, dan Carlo Sandoni sebagai manajer umum.

Di struktur organisasi Bologna, Arnstein menjabat sebagai anggota dewan bersama Leone Vicenze. Warna jersey kandang yang memiliki corak garis merah-biru sengaja dipilih merupakan warna kebanggaan perguruan tinggi Gradi yang berada di Rossbach, Swiss.


Klik: Matic Belum Sepenuhnya Klop dengan MU


Laga resmi pertama Bologna dimainkan pada 20 Maret 1910 dengan menaklukkan Virtus, 9-1. Gelar kasta pertama diraih pertama kali pada 1925 dan berhasil diulang Bologna sebanyak enam kali (1929, 1936, 1937, 1939, 1941, 1964). Selain itu, Bologna juga pernah menjuarai Coppa d'Italia sebanyak dua kali (1970 dan 1974).

Tidak puas berprestasi di dalam negeri, Bologna juga berhasil meraih gelar di Eropa. Beberapa di antaranya dengan menjuarai ajang Central European Mitropa (1932, 1934, 1961) dan UEFA Intertoto (1998).

Kendati demikian, kiprah Bologna sebagai tim kasta tertinggi Italia tidak berjalan mulus begitu saja. Pasalnya, mereka juga pernah menghabiskan tiga musim di Serie B (2005, 2008, dan 2014) karena terdegradasi di Serie A. (tdifh)

 


(KAU)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

20 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /