Pada Hari Ini

1999: Awal Cedera Parah Ronaldo

Rendy Renuki H    •    21 November 2016 08:52 WIB
pada hari ini
1999: Awal Cedera Parah Ronaldo
Ronaldo saat ditandu karena cedera lutut (intermilanfansworldwide.wordpress.com)

Metrotvnews.com, Milan: Pada hari ini, 21 November 1999 silam, menjadi awal cedera parah striker Inter Milan Ronaldo Luiz Nazario de Lima. Bomber berjuluk 'Il Fenomeno' ini mengalami cedera lutut pada laga Inter kontra Lecce di Liga Serie-A Italia.

Ronaldo diketahui mengalami pecah tendon di lutut kanannya tak lama usai mencetak gol kelima Inter dalam kemenangan 6-0 di Giuseppe Meazza. Ronaldo terpaksa ditarik keluar oleh allenatore Marcelo Lippi digantikan dengan Alvaro Recoba.

Setelah menjalani perawatan intens selama lima bulan, Ronaldo kembali merumput pada laga final Coppa Italia kontra Lazio. Namun, cedera lututnya kembali kambuh setelah hanya bermain selama tujuh menit di lapangan.

(Baca: Perisic Buyarkan Kemenangan Milan pada Derby della Madonnina)

Peraih Ballon d'Or 1997 itu harus menghabiskan sisa musim 2000--2001 di ruang perawatan. Ronaldo juga melewatkan sebagian musim 2001--2002 karena masih menjalani rehabilitasi panjang penyembuhan lututnya.

Usai pulih, Ronaldo mendapat kesempatan memperkuat Brasil di ajang Piala Dunia 2002. Kehebatannya kembali membuat Ronaldo diganjar penghargaan Ballon d'Or tahun 2002.

Real Madrid menjadi klub yang menuai hasil manis karena paling banyak dibela Ronaldo. Cedera lututnya yang telah sembuh membuat Ronaldo mampu bermain sebanyak 127 laga bagi Los Blancos.

Sayang, cedera lutut yang terus menghantuinya belum juga pergi. Usai hengkang ke AC Milan pada 2008, ia kembali mengalami cedera lutut parah. Kali ini tendon lutut kirinya yang mengalami masalah.

Cedera yang didapatnya kali ini membuat Ronaldo ditangguhkan dari Milan. Ia pun sempat memutuskan ingin pensiun, meski pada akhirnya kembali bermain bagi Corinthians pada 2009 hingga 2011 sebelum benar-benar memutuskan gantung sepatu. (TDIFH)

Video: Menpora akan Beri Peringatan pada Klub yang Melarang Pemainnya Perkuat Timnas
 


(ASM)

Video /