Giornata Kelima Liga Serie-A Italia 2016--2017

Hantam Cagliari, Juventus Kembali ke Jalur Kemenangan

Patrick Pinaria    •    22 September 2016 03:51 WIB
juventus 2016--2017
Hantam Cagliari, Juventus Kembali ke Jalur Kemenangan
Juventus membantai Cagliari dengan skor 4-0 (Foto: AFP/Marco Bertorello)

Metrotvnews.com, Turin: Juventus sukses kembali ke jalur kemenangan saat menjamu Cagliari pada giornata kelima Liga Serie-A Italia, Kamis 22 September. Pada laga yang digelar di Stadion Juventus itu, I Bianconeri membantai tim tamu dengan skor 4-0.

Juventus pantas menang pada laga tersebut. Sebab, mereka mampu tampil dominan. Menurut catatan statistik, tim besutan Massimiliano Allegri itu menguasai bola sebanyak 61 persen.

Dalam jumlah peluang, Juventus unggul jauh dari Cagliari. Total, mereka melepaskan 13 tembakan mengarah ke gawang dari 27 peluang.

Agresivitas Juventus tampak membuat Cagliari kesulitan mengembangkan permainan. Buktinya, Cagliari hanya mampu menciptakan dua peluang sepanjang pertandingan.

Memasuki babak pertama, Juventus langsung melancarkan serangan dan menciptakan sejumlah peluang lewat Alex Sandro, Dani Alves, dan Gonzalo Higuain. Namun, peluang-peluang mereka gagal memberikan keunggulan untuk Juve.

Gol yang ditunggu-tunggu Juve akhirnya datang pada menit ke-14. Ketika itu, mereka sukses mencetak gol lewat Daniele Rugiani yang sukses memanfaatkan bola liar hasil tembakan Gonzalo Higuain.

Juventus semakin agresif. Mereka pun berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-33. Kali ini, gol diciptakan oleh pencetak assist gol pertama yakni Higuain. Striker asal Argentina tersebut berhasil memanfaatkan kemelut bola di dalam kotak penalti lawan.

Selang enam menit, Juventus sukses memperbesar keunggulan mereka lewat Dani Alves. Mendapat umpan dari sepak pojok Miralem Pjanic, bek asal Brasil itu sukses meneruskan umpan tersebut dengan tembakan keras. Gol Alves membuat Juventus unggul dengan skor 3-0 hingga turun minum.

Keunggulan tiga gol tampak membuat Juventus puas. Mereka pun tampak menurunkan tempo permainan dan tidak terlihat ngotot pada babak kedua.

Itu terlihat ketika mereka membuang banyak peluang. Salah satunya adalah saat striker Paulo Dybala mendapat peluang pada menit ke-61. Ketika itu, ia tinggal berdiri bebas ketika mendapat umpan dari Higuain. Namun, karena terlalu lama menguasai bola, peluangnya pun mampu diantisipasi oleh kiper Cagliari Storari.

Juventus kembali meningkatkan serangan mereka ketika memasuki menit ke-70. Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh Miralem Pjanic dan dan Dani Alves. 

Pada menit ke-83, Juventus akhirnya mampu memperbesar keunggulan. Gol tersebut dicetak melalui bunuh diri yang dilakukan Luca Ceppitelli.

Gol tersebut menjadi gol terakhir pada laga ini. Juventus memastikan kemenangan dengan skor 4-0.

Dengan hasil ini, Juventus berhasil mengukuhkan statusnya sebagai pemimpin klasemen sementara Liga Italia dengan mengoleksi 12 poin. Mereka unggul satu pon dari Napoli yang menempati peringkat kedua klasemen. Sementara itu, kekalahan membuat Cagliari turun ke posisi 17.


Susunan pemain kedua tim:

Juventus: Buffon; Rugani, Barzagli, Chiellini; Dani Alves, Lemina, Hernanes, Pjanic, Alex Sandro; Dybala, Higuain

Cagliari: Storari; Bittante, Ceppitelli, Alves, Murru; Barella, Di Gennaro, Padoin; João Pedro; Borriello, Sau


(PAT)

Video /