Laporan Pertandingan Napoli vs Juventus

Juventus Hadiahi Napoli Kekalahan Perdana

Gregah Nurikhsani Estuning    •    02 Desember 2017 06:45 WIB
juventusliga italianapoli
Juventus Hadiahi Napoli Kekalahan Perdana
Buffon (kiri) dan Marchisio (tengah) merayakan keberhasilan Juventus menumbangkan Napoli. (Foto: AFP PHOTO / CARLO HERMANN)

Naples: Napoli menelan kekalahan pertamanya musim ini usai dihempaskan Juventus di kandang sendiri dengan skor 0-1. Tidak tanggung-tanggung, sang mantan Gonzalo Higuain menjadi penyumbang lara bagi tuan rumah lewat gol tunggalnya.

Higuain sebetulnya sempat diragukan bisa tampil karena masih dalam masa penyembuhan cedera lengan kiri. Namun, Juve tetap memasangnya di starting eleven dan striker asal Argentina itu hanya butuh 12 menit saja untuk mencetak gol di San Paolo, kandang Napoli.

Kemenangan 1-0 belum membawa La Vecchia Signora ke puncak klasemen sementara Serie A Liga Italia, namun tambahan tiga poin membuat Paulo Dybala cs menyalip Inter Milan di posisi kedua. Kini, Juve dan Napoli cuma terpaut satu poin saja.

Bagi Il Partenopei, julukan Napoli, kekalahan itu menjadi yang perdana musim ini. Dari 15 giornata yang sudah dilakoni, Marek Hamsik dan kawan-kawan telah mengoleksi 38 poin berkat 12 kemenangan, dua imbang dan satu kali kalah.

Baca: AS Roma Taklukkan 10 Pemain SPAL

Jalannya Pertandingan
Turun dengan formasi 4-3-2-1, Juve langsung memiliki peluang di menit ke-4. Kiper tuan rumah, Pepe Reina dibuat bekerja lebih awal saat Higuain mengancam jala gawangnya usai menerima umpan cantik Douglas Costa.

Gawang Reina akhirnya tak kuasa menahan 'serangan fajar' dari tim tamu. Delapan menit berselang, Higuain tidak menyia-nyiakan peluang emas keduanya lewat assist Dybala untuk membawa timnya unggul 1-0.

Napoli merespons gol Si Nyonya Tua melalui tendangan jarak jauh Marek Hamsik. Gianluigi Buffon yang berada di bawah mistar gawang untungnya masih sanggup menahan gelandang serang Napoli tersebut.

Memasuki pertengahan babak pertama, Napoli terus mengurung pertahanan Juventus. Anak asuh Maximiliano Allegri dipaksa memanfaatkan serangan balik saja, tapi justru serangan Juve lebih efisien ketimnbang tuan rumah.

Setelah peluang emas Lorenzo Insigne yang cuma menghasilkan tendangan penjuru, Dybala nyaris menggandakan keunggulan timnya beberapa saat jelang turun minum. Sayang, skor 1-0 untuk kemenangan Juventus tak berubah hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Napoli masih memimpin penguasaan bola dan terus mendikte jalannya pertandingan. Jose Callejon kali ini berperan sebagai penyelesai alternatif saat Insigne dan Dries Mertens menemui jalan buntu dalam membobol gawang Buffon.

Para pemain Napoli terlihat frustasi karena selalu gagal menembus pertahanan rapat Juve. Rasa frustasi semakin bertambah tatkala wasit tidak memberikan hadiah penalti usai Mertens dijatuhkan oleh Giorgio Chiellini.

Memasuki menit 65, Juve mulai bisa sedikit keluar dari tekanan. Perubahan strategi dari Maurizio Sarri, pelatih kepala Napoli membuat tim tamu bisa bernapas lebih lega, namun Miralem Pjanic dan kolega tetap kesulitan mengembangkan permainan.

Di sisi lain, Napoli layak berterima kasih kepada Reina. Meski kebobolan di menit 12 babak pertama, sejumlah penyelamatan apik ia lakukan, termasuk peluang dari Blaise Matuidi menit 68.

Skor 1-0 untuk kemenangan Juventus tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Napoli masih memimpin klasemen sementara, namun kini hanya terpaut satu poin saja dari Juve.

Susunan Pemain:
NAPOLI (4-3-3): Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Mario Rui; Allan, Jorginho, Hamsik; Callejon, Mertens, Insigne.

JUVENTUS (4-3-2-1): Buffon; De Sciglio, Benatia, Chiellini, Asamoah; Khedira, Pjanic, Matuidi; Dybala, Douglas Costa; Higuain.

Video: Hasil Undian Grup Piala Dunia 2018
 


(KAU)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /