Juventus Raih Scudetto

Juventus dan Rentetan Klub Eropa Pencetak Gelar Juara Beruntun

A. Firdaus    •    14 Mei 2018 14:39 WIB
juventusliga italia
Juventus dan Rentetan Klub Eropa Pencetak Gelar Juara Beruntun
Para pemain Juventus merayakan kesuksesan mereka meraih scudetto ketujuh secara beruntun (Foto: AFP)

Jakarta: Juventus telah memenangkan Scudetto ketujuh mereka secara beruntun untuk memecahkan rekor baru. Salah satu pencapaian terbesar di Eropa.

Bermain imbang tanpa gol dengan AS Roma sudah cukup buat pasukan Massimiliano Allegri untuk mengamankan scudetto. Sekaligus mengemas scudetto ke-34 untuk Nyonya Tua.

Meraih scudetto 2017--2018, berarti Juve memperpanjang pemecahan rekor berturut-turut memenangkan scudetto. Melewati rekor milik mereka sebelumnya dengan lima kali secara beruntun. Prestasi itu diraih Juve pada era 1930-an.

Klik di sini: Teror Bom, Laga Persija vs Home United Tetap Lanjut

Selain Bianconeri, rival sekota mereka, Torino juga pernah mencapai prestasi mengamankan scudetto dengan lima musim beruntun pada era 1940-an. Namun prestasi itu terhenti setelah kejadian tragis yang menimpa seluruh penggawa Il Toro dalam bencana Superga.

Selain dua Raksasa Turin, Inter Milan juga pernah merasakannya. Mereka meraih lima scudetti, meskipun gelar 2005--2006 diberikan kepada mereka sebagai bagian dari skandal Calciopoli yang menimpa Juve.
 
Inter yang kala itu masih dilatih Roberto Mancini sebenarnya menempati posisi tiga di akhir musim. Sebab Juve menjalani hukuman dengan terdegradasi ke Serie-B. Sementara Milan yang berada di peringkat kedua, mengalami pengurangan poin sehingga hanya finis di posisi ketiga.

Raihan juara Juventus berarti telah menjadi salah satu klub yang memenangkan gelar secara beruntun terpanjang di Eropa. Tapi kesuksesan yang mereka raih masih kalah dengan beberapa klub di bawah ini:

- Setara dengan Juve, Olympiacos juga pernah pernah melakukannya pada musim 2010--2011 hingga 2016--2017. Dominasi mereka berhasil dihentikan AEK yang menjuarai Liga Super Yunani musim ini.

- Belum ada yang bisa menghentikan superior Celtic di Skotlandia. Terkini pengoleksi 49 gelar Liga Skotlandia itu berhasil menjadi juara musim 2017--2018. Sekaligus menjadi pencapaian ketujuh secara beruntun meraih gelar juara domestik. Prestasi tersebut juga dilakukan oleh Ludogorets Razgrad di Bulgaria.

Klik di sini: Catatan tak Terkalahkan Barcelona Terputus di Markas Levante

- Basel punya catatan meraih delapan gelar secara beruntun. Sayang fenomena itu berakhir setelah Young Boys berhasil mematahkan dominasi Basel dengan menjuarai Liga Swiss musim 2017--2018.

- BATE Borisov telah mampu meraih juara Liga Primer Belarusia sebanyak 11 gelar. Tapi mereka sejauh ini di ambang mempertahankan gelar liga domestik untuk ke-12 kalinya. Setelah pada 11 musim sebelumnya, BATE kerap finis sebagai juara.

-Lincoln asal Giblartar menjadi klub dengan catatan kemenangan beruntun menjuarai liga. Tercatat sudah 14 musim secara beruntnu mereka mampu meraih gelar juara liga. Tepatnya sejak musim 2002--2003 hingga 2015--2016. Prestasi yang sama juga diraih Skonto di liga Latvia pada periode 1991 hingga 2004.

Persija Optimis Bisa Lolos ke Final Piala AFC Zona ASEAN



(FIR)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /