Donnarumma Bisa Berkaca kepada 10 Kiper Termahal Dunia

Kautsar Halim    •    17 Juni 2017 10:10 WIB
ac milan 2016--2017serie a
Donnarumma Bisa Berkaca kepada 10 Kiper Termahal Dunia
Gianluigi Donnarumma. (JOHANNES EISELE / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gianluigi Donnarumma tengah menjadi sorotan dunia sepak bola karena tidak setuju memperpanjang kontrak kerja AC Milan yang telah membesarkannya. Namun, apakah itu keputusan terbaik untuknya masih menjadi tanda tanya besar.

Jika melirik performanya saat ini, Donnarumma memang sudah menjadi idola Milan dan dianggap sebagai suksesor Gianluigi Buffon di timnas Italia. Terlebih lagi, usianya juga masih sangat muda, yakni baru menginjak 18 tahun.


Klik: Unai Emery Rayu Mbappe Gabung ke PSG


Mungkin saja, perpanjangan kontrak Milan ditolak karena Donnarumma kurang sreg dengan kenaikan gaji yang diberikan manajemen klub, yakni sekitar 4,5 juta Euro atau setara dengan Rp66 miliar per tahun.  Namun, jumlah tersebut juga sudah sangat besar jika dibandingkan penggawa Rossoneri yang lain. Jadi, Milan memang sudah berusaha maksimal untuk mempertahankan Donnarumma.


Klik: Ungkapan Bahagia Lindelof usai Gabung MU


Adapun kemungkinan yang kedua, Donnarumma butuh klub baru untuk mewujudkan mimpinya sebagai kiper terbaik dunia. Pasalnya, kebanyakan dari mereka punya  prestasi cemerlang di level timnas maupun klub. 

Menurut transfermarkt.com, harga jual Donnarumma saat ini sudah mencapai 25 juta Euro atau setara dengan Rp371 miliar. Namun, prestasinya baru sebatas merebut trofi Supercoppa Italia bersama Milan dan menjadi kiper timnas Italia termuda yang minim jam terbang.

Jika prestasi di level timnas dan klub sudah tercapai, otomatis Donnarumma  menjadi salah satu kiper termahal. Setelah itu, mimpinya sebagai salah satu penjaga gawang terhebat di dunia juga bisa terwujud. Oleh karena itu, Donnarumma harus mengambil pelajaran dari 10 kiper termahal di bawah ini:

1. Ederson Moraes

Ederson baru resmi bergabung dengan Manchester City  pada 1 Juli  mendatang. Namun, nilai transfernya ketika diboyong dari Benfica sudah mencapai 35 juta Poundsterling atau sekitar Rp594 miliar. Kiper timnas muda Brasil ini sudah dua kali menemani Benfica menjuarai liga domestik dan tampil gemilang di Liga Champions.

2. Gianluigi Buffon


Buffon hanya ditukar dengan mahar sebesar 33 juta Poundsterling atau sekitar Rp560 miliar ketika diboyong Juventus dari Parma. Namun, itu terjadi pada 2001 atau 16 tahun silam. Dalam kurun waktu itu, Buffon telah membela  842 pertandingan dan sukses menjadi salah satu kiper legendaris dunia. Keberhasilan Buffon tentu tak lepas keinginan pribadi yang kuat serta dukungan dari seluruh bagian Juventus lainnya.

3. Jordan Pickford

Pickford masih berusia 23 tahun ketika menyetujui kontrak Everton yang baru berlaku pada 1 Juli mendatang. Meski tergolong pemain muda, namun nilai transfernya sudah mencapai 30 juta Poundsterling atau setara dengan Rp509 miliar. Everton berani membayar mahal karena Pickford punya prestasi menawan bersama timnas muda Inggris.

4. Manuel Neuer

Bayern Muenchen termasuk beruntung bisa memboyong Neuer dari Schalke pada 2011. Pasalnya, saat itu ia hanya dibanderol sekitar 19 juta Poundsterling atau sekitar Rp322 miliar. Meski sekarang sedang cedera, kiper timnas Jerman itu tetap dihargai sekitar 30 juta Euro (sekitar Rp446 miliar). Selain kerap membawa Muenchen menjadi juara Bundesliga, Neuer juga sukses mengantarkan trofi Piala Dunia 2014 untuk Jerman. 

5. David de Gea

De Gea diboyong Manchester United dari Atletico Madrid dengan banderol sebesar 18 juta Poundsterling (sekitar Rp305 miliar) pada 2011. Harga kiper yang diincar Real Madrid ini sudah mengalami kenaikan menjadi 25 juta Euro atau setara dengan Rp371 miliar. Ia berhasil mengantarkan Setan Merah ke Liga Champions 2017-2018 dan merupakan pilihan utama timnas Spanyol.

6. Claudio Bravo

Bravo hanya dibanderol 1,2 juta Euro ketika diboyong Real Sociedad pada 2006. Harganya baru melonjak menjadi 12 juta Euro saat Barcelona merekrutnya pada 2014. Nilai transfernya pun naik menjadi 17 juta Poundsterling (Rp288 miliar) ketika diboyong Manchester City pada musim lalu. Bravo pernah membantu Barcelona menjuarai La Liga dan mengantarkan Cile memenangkan Copa America sebanyak dua kali (2015--2016)

7. Angelo Peruzzi 

Peruzzi memang sudah pensiun sejak 2007 silam, namun nilai transfernya pantas dikenang karena Lazio memboyongnya dari Inter Milan dengan banderol 15,7 juta Poundsterling atau sekitar Rp266 miliar. Kiper berjuluk Tyson itu dihargai sangat tinggi karena sudah meraih berbagai prestasi dan termasuk salah satu kiper terbaik timnas Italia. 

8. Jasper Cilessen

Cilessen hanya bernilai 3,23 juta Euro ketika diboyong Ajax dari NEC Nijmegen pada 2011. Namun, harganya langsung melonjak menjadi 12,8 juta Poundsterling (sekitar Rp217 miliar) ketika dijual ke Barcelona pada musim 2016--2017. Meski hanya menjadi pelapis Marc Andre ter Stegen di Barcelona, Cilessen sudah dipercaya membela timnas Belanda sejak 2013.  

9. Jan Oblak

Oblak didatangkan Atletico Madrid dari Benfica dengan banderol senilai 
12,6 juta Poundsterling (sekitar Rp213 miliar) pada 2014. Harganya saat ini sudah mencapai 40 juta Euro atau setara dengan 595 miliar. Kiper timnas Slovenia ini pernah membawa Atletico Madrid menjadi runner up La Liga pada musim 2015--2016.

10. Thibaut Courtois

Chelsea bisa dibilang untung besar ketika merekrut Courtois dari Atletico Madrid pada 2014. Pasalnya, kiper utama timnas Belgia itu diboyong dengan status bebas transfer. Terkini, setelah membawa membawa The Blues menjuarai Liga Primer Inggris 2016--2017, nilai transfer Lloris mencapai 40 juta Euro atau hampir Rp600 miliar. Prestasi dan harganya bakal bertambah karena Chelsea dipastikan tampil di Liga Champions 2017--2018.
 


(ACF)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

21 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /