Masa Depan Gianluigi Donnarumma

Reaksi Mantan Bintang Milan atas Keputusan Donnarumma

Achmad Firdaus    •    17 Juni 2017 01:13 WIB
ac milan 2016--2017bursa transfer pemain
Reaksi Mantan Bintang Milan atas Keputusan Donnarumma
Gianluigi Donnarumma (Foto: AFP PHOTO / Marco BERTORELLO)

Metrotvnews.com, Milan: Gianluigi Donnarumma tengah jadi sorotan kritik seluruh elemen AC Milan usai menolak perpanjangan kontrak. Mulai dari klub, suporter hingga mantan bintang Rossoneri mengecam keputusan kiper muda berusia 18 tahun tersebut.

Donnarumma memang tidak secara langsung mengatakan bahwa ia menolak perpanjangan kontrak dari Milan. Penyataan itu terlontar perwakilan Milan yang telah melakukan pertemuan dengan sang agen Mino Raiola.

Hasil dari negosiasi, Donnarumma menolak memperpanjang kontraknya yang akan berakhir pada Juni 2018. Dengan demikian, opsi yang dimiliki Milan saat ini adalah melepasnya di musim panas ini atau menahannya satu musim lalu dan kemudian kehilangan Donnarumma dengan gratis di musim depan.

Beragam reaksi pun terlontar. Salah satunya dari kelompok suporter Milan, Curva Sud. Mereka berang dengan keputusan yang diambil Donnarumma dan meminta manajemen klub untuk menghukumnya dengan menempatkannya di bangku cadangan pada kompetisi musim 2017--2018.
 

Baca: Ultras Curva Sud Mendesak Milan Hukum Donnarumma


Lain suporter, lain pula reaksi mantan bintang AC Milan, Giovanni Galli. Mantan kiper andalan Il Diavolo di era 1986--1990 ini justru merasa penasaran apakah keputusan tersebut memang murni dari Donnarumma?

"Donnarumma sekarang sudah 18 tahun. Dia sudah dewasa, jadi ia punya hak untuk membuat keputusan sendiri. Dan sebagai orang yang dewasa, dia punya tanggung jawab untuk menjelaskan keputusannya," ujar Galli.

"Jika ia ingin mendapat penghasilan yang lebih besar, itu sah saja. Tapi tidak fair jika keputusannya menolak perpanjangan kontrak karena tidak cocok dengan kontrak yang disodorkan, itu tidak adil. Saat ini, saya ingin tahu apakah ini alasan utama di balik penolakannya?" lanjutnya.

"Klub ini telah memenangi tujuh trofi Eropa (Liga Champions) dan mewakili sepak bola Italia. Jadi, harus ada rasa hormat untuk klub, apalagi klub ini sudah memberikan seorang anak muda kesempatan untuk bermain reguler di Serie A," imbuhnya.

Selain Galli, mantan penyerang andalan Milan, Daniele Massaro juga tidak ingin ketinggalan memberikan komentarnya terkait hal ini. Beda dengan Galli, Massaro justru menilai bahwa ada "campur tangan" dari Raiola yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dengan menjual Donnarumma ke klub rival.
 

Baca juga: Donnarumma Disebut sebagai Pengkhianat


"Ketika Inter Milan menyodorkan kontrak kepada saya dan menjanjikan apapun yang saya inginkan, saya menolaknya dan memilih menghormati Milan dan kemudian mengakhiri karier saya di Jepang," kata Massaro.

"Saya merasa Donnarumma sudah mengadakan pembicaraan dengan klub lain dan dalam pandangan saya, ia akan bergabung dengan Juventus," tandasnya.

Beragam spekulasi memang mengiringi masa depan Donnarumma. Selain Juventus, beberapa klub besar Eropa seperti Real Madrid, Manchester United dan Chelsea juga dikabarkan tertarik untuk meminang kiper yang di musim lalu tampil penuh selama 38 laga di Serie A dan sukses membuat 135 penyelamatan dan 12 clean sheet itu.

Video: ?Ronaldo Ingin Tinggalkan Real Madrid
 


(ACF)