Dani Alves dan Buffon Kagumi Napoli

Gregah Nurikhsani Estuning    •    28 November 2017 13:41 WIB
liga italianapoli
Dani Alves dan Buffon Kagumi Napoli
Pieter Zelinski (no. punggung 20) merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Shakhtar Donetsk. (Foto: AFP PHOTO / Carlo Hermann)

Naples: Gianluigi Buffon dan Dani Alves terang-terangan mengagumi kiprah Napoli musim ini. Alves menilai Napoli layak dijadikan tuntunan, sementara Buffon melihat klub berjuluk Partenopei itu memiliki filosofi unik.

Napoli sempat meraih kejayaan pada era 90-an, tepatnya ketika Diego Maradona bermain untuk tim yang bermarkas di San Paolo tersebut. Performa mereka kemudian berangsur menurun dan cuma lekat dengan label underdog saja di tengah kepungan Fiorentina, Sampdoria, Lazio, Udinese bahkan AC Parma sekali pun.

Kini, dalam kurun waktu 10 tahun belakangan, Napoli kembali menemukan tajinya. Dimulai dari era Ezequiel Lavezzi, Marek Hamsik, dan kapten Paolo Cannavaro, Napoli terus mengancam tim-tim kuat Serie A (lagi).
 

Baca: Dipecat Milan, Montella: Saya Memang Gagal!


Musim 2006--2007, Napoli padahal masih berada di Serie B. Bersama Juventus yang saat itu harus turun kasta karena skandal calciopoli, Napoli finis peringkat kedua dan berhak promosi ke Serie A.

Sejak itu, performa stabil Napoli terus dipertahankan. Hingga saat ini, Napoli menjelma menjadi tim kuat dengan barisan pemain yang mumpuni untuk bersaing di level Eropa sekali pun.

Dani Alves dan Buffon tak bisa menahan kekagumannya terhadap klub yang didirikan 1 Agustus 1926 tersebut. Keduanya memuji grafik Napoli yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Partenopei punya filosofi yang unik. Artinya tiap pekan mereka menghadapi klub dengan filosofi yang berbeda," kata Buffon di sela-sela Gran Dala del Calcio di mana ia didaulat sebagai pemain terbaik Serie A.

"Saya harap sepak bola Italia bisa berubah dan berbenah pasca kegagalan di Kualifikasi Piala Dunia. Ini bukan salah pelatih, tapi sepak bolanya, levelnya menurun," sambung Alves mengomentari sepak bola Italia secara umum.

"Contohlah Napoli. Saya menyukai mereka, visinya, apa yang mereka miliki (manajemennya) bisa (menjadi contoh) untuk meningkatkan sepak bola Italia," tambahnya lagi.

Napoli untuk sementara mampu bercokol di puncak klasemen Serie A Italia di atas Inter Milan dan Juventus. Sabtu dini hari WIB akhir pekan ini, Napoli akan bersua Juventus untuk pertama kali musim 2017--2018 di pentas liga.

Video: Timnas Indonesia akan Berlaga di Tsunami Cup 2017
 


(ACF)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

22 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /