AC Milan 2017 -- 2018

Rekam Jejak Kepelatihan Gennaro Gattuso

Alfa Mandalika    •    27 November 2017 19:12 WIB
ac milan
Rekam Jejak Kepelatihan Gennaro Gattuso
Gennaro Gattuso. (Foto: Sky Sports)

Milan: Gennaro Gattuso resmi ditunjuk menjadi pengganti Vincenzo Montella. Gattuso diharapkan bisa mengangkat kinerja Rossoneri yang inkonsisten.

Gattuso memang tidak asing dengan Milan. Selain pernah berseragam Milan selama 13 tahun, dia saat ini menjabat pelatih Tim Milan Primavera.

Akan tetapi, penunjukkan ini boleh dibilang sebuah perjudian. Sebab, Gattuso tidak punya pengalaman menangani tim besar.

Setelah pensiun pada 2013, Gattuso fokus untuk menjadi pelatih. Dimulai menukangi klub asal Swiss FC Sion. Di bawah kepemimpinannya, Gattuso mempersembahkan satu kemenangan, satu kali imbang, dan dua kali menelan kekalahan. Ketika itu, Gattuso bekerja sama dengan Arno Rossini yang memiliki lisensi UEFA.

Total, Gattuso terlibat dalam 12 pertandingan sebagai pelatih bersama Rossini. Namun, kebersamaan dengan Sion berujung dengan pemecatan pada akhir musim 2012 -- 2013.

Kemudian, Gattuso melatih Palermo. Namun, hanya memimpin enam pertandingan di Serie B, Gattuso pisah jalan dengan Palermo.

Baca: Statistik Montella tak Lebih Baik daripada Mihajlovic


Tidak berhenti sampai di situ, Gattuso kemudian mengambil alih klub Yunani, OFI Crete. Di sana, Gattuso tidak bertahan lama. Dia memilih mundur lantaran klub kesulitan keuangan.

"Saya tidak bisa terus bertahan dalam situasi seperti ini. Saya tidak bisa menanggung beban di pundak saya sendiri," kata Gattuso kala itu.

Pada Januari 2015, Gattuso melamar pekerjaan sebagai manajer di klub Skotlandia Hamilton Academical. Namun, Gattuso justru menukangi tim Lega Pro Pisa pada Agustus 2015.

Saat itu, Gattuso mampu membantu Pisa menembus babak playoff untuk mencapai Serie B. Namun, belum tuntas membantu Pisa, dia sudah mengeluh  dengan seabrek masalah yang ada di Pisa. Akan tetapi, pada akhir musim Gattuso memutuskan untuk hengkang.

Lalu, dia memutuskan untuk menjadi pelatih Primavera Milan. Bersama tim muda Milan, Gattuso mampu bersaing di papan atas. Mereka berada di posisi ketiga klasemen primavera atau hanya tertinggal dari Inter Milan dan Atalanta.

Saat ini, Gattuso dipromosikan untuk melatih tim senior Milan. Statusnya pun belum jelas apakah menjadi pelatih sementara atau sampai akhir musim.

Melirik statistik Gattuso, dia meraih persentase kemenangan 32,77 persen dari 119 pertandingan. Raihan itu tentu harus diperbaiki untuk melatih tim sekelas Milan.

Meski begitu, gaya permainan Gattuso yang ngotot dan berapi-api tidak mustahil bisa ditularkan ke Milan senior. Setidaknya, fan boleh berharap Gattuso memberikan efek kejut untuk mengangkat posisi Milan di tabel klasemen.

Catatan kepalatihan Gattuso:
2013: Sion
2013 -- 2014: Palermo
2014 - -2015: OFI Crete
2015 -- 2017: Pisa
2017: Milan Primavera
2017: AC Milan

Video: Bima Sakti Siap Emban Tugas Jadi Pelatih Timnas U-19


(ASM)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /