Lima Hal yang Bisa Dipetik dari Giornata ke-35 Serie-A

Rendy Renuki H    •    08 Mei 2017 20:24 WIB
liga italia
Lima Hal yang Bisa Dipetik dari <i>Giornata</i> ke-35 Serie-A
Para penggawa Lazio (AFP PHOTO / TIZIANA FABI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Giornata ke-35 Liga Serie-A Italia menyuguhkan sejumlah pertandingan yang mengejutkan. Para tim unggulan diluar dugaan banyak yang mendapat hasil kurang maksimal mendekati pengujung musim.

Padahal, bagi tim macam AC Milan, Inter Milan, hingga Fiorentina butuh kemenangan untuk mengejar slot kompetisi Eropa. Milan dan Inter pekan ini kompak menelan kekalahan, sementara Fiorentina membuang peluang merebut poin penuh.

Milan di luar dugaan dihajar AS Roma 1-4 yang membuat perjuangan finis lima besar terasa sulit. Pun begitu dengan Inter yang hampir tertutup peluangnya tampil di Eropa karena keok 0-1 dari Genoa.

Fiorentina yang berpeluang menggeser Milan di posisi enam pun tak mampu berbuat banyak pekan ini. La Viola yang selalu menjadi momok tim kuat Serie-A diluar dugaan ditahan 2-2 oleh Sassuolo.

Masih banyak cerita yang tersimpan dari kompetisi Negeri Pasta pekan ini. Berikut lima hal yang bisa dipetik dari giornata ke-35 Serie-A:

1. Tim kuat seolah enggan mentas di Eropa

Milan, Inter, dan Fiorentina yang sedang berlomba finis setidaknya di posisi lima besar justru harus gigit jari pekan ini. Tim sekota itu malah menunjukkan grafik menurun menjelang akhir kompetisi.

Kekalahan atas Genoa membuat Inter belum meraih kemenangan dari tujuh laga terakhir, yang lima diantaranya berakhir dengan kekalahan. Milan pun kompak bernasib serupa setelah dibantai Roma yang membuat mereka hanya sekali mengantongi kemenangan dari enam laga terakhir.

Pun begitu dengan Fiorentina yang hanya bermain imbang dengan Sassuolo. Itu berarti, sejak awal April lalu, tim yang berada di urutan keenam, ketujuh, dan kedelapan telah kehilangan 16 poin jika menyapu bersih kemenangan.


2. Waktu Hampir Habis bagi Crotone

Tim promosi tersebut harus bersiap kembali terjerumus ke jurang degradasi. Sangat disayangkan, pasalnya Crotone mampu meraih hasil positif dari enam laga terakhir mereka.

Seolah telat panas, Crotone mengantongi empat kemenangan dan dua hasil imbang yang membuat catatan tersebut melampaui Juventus, Roma, dan Lazio. 14 poin yang didapat dari enam laga tersebut bahkan melebihi poin Milan dan Inter jika digabung dalam enam laga terakhir.

(Baca: Terbaik dan Terburuk di Laga Arsenal vs MU)


Sayang, Crotone masih membutuhkan lagi empat poin untuk mengamankan posisi dari zona degradasi dari tiga laga tersisa. Namun, hal itu akan terasa berat karena Crotone masih menyisakan laga melawan Juventus dan Lazio pada dua pertemuan terakhir.


3. Atalanta Siap Ramaikan Kompetisi Eropa

Tim asuhan Gian Piero Gasperini memang tampil mengejutkan menjelang akhir kompetisi. Atalanta kini berada di posisi kelima zona Liga Europa dan diuntungkan dengan hasil buruk yang diraih para pesaingnya.

Sayang, La Dea tampak sedikit goyah mendekati pekan terakhir Serie-A. Pasalnya, Atalanta hanya mengantongi empat hasil imbang dalam lima laga terakhir mereka.

Namun, mereka masih berpotensi mengamankan tiket Liga Europa karena hanya menghadapi Empoli dan Chievo di dua pekan terakhir. Sedangkan hasil imbang kontra Milan pada pertemuan selanjutnya sudah cukup membuat Atalanta bisa berkompetisi di Eropa musim depan.


4. Roma Masih Bereaksi

Walau kesempatan mengejar Juventus di posisi capolista sudah sulit, namun AS Roma masih bereaksi. Giallorossi yang mengetahui Napoli telah naik satu tingkat di bawah mereka, tanpa ampun menggasak Milan demi meraih tambahan tiga poin.

Armada Luciano Spalletti mampu menjawab kebiasaan mereka yang sering gagal mengatasi tekanan di akhir kompetisi. Namun Il Lupi menunjukkan bahwa mereka memiliki mental baja yang tetap mengincar kemenangan walau Roma sadar kesempatan merebut capolista telah tertutup.


5. Modal Lazio Menghentikan Juventus

Lazio menjadi tim yang paling subur pada giornata ke-35 ini. Biancocelesti menjaringkan tujuh gol ke gawang Sampdoria yang membuat mereka memiliki catatan gemilang dengan mencetak 20 gol dari enam pertandingan terakhir.

Torehan itu tentu bisa menjadi modal positif Lazio menghentikan Juventus. Bukan di Serie-A, karena Lazio saja saat ini terpaut tujuh poin dari Napoli di peringkat ketiga.

Meski masih akan bertemu di pekan terakhir, Lazio tentu akan lebih tertantang mengalahkan Juventus di final Coppa Italia. Keduanya akan bertemu pada laga yang digelar 3 Juni mendatang.

Video: Lolos Kualifikasi Piala Asia jadi Tantangan Pertama Luis Milla
 


(ACF)

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup

1 day Ago

Untuk pertama kalinya laga final Liga Champions akan berlangsung dalam keadaan atap stadion ter…

BERITA LAINNYA
Video /