Pada Hari Ini

2011: Terlibat Pengaturan Skor, Pemain Italia ini Akhiri Karier dengan Tragis

Krisna Octavianus    •    09 Agustus 2017 08:01 WIB
pada hari ini
2011: Terlibat Pengaturan Skor, Pemain Italia ini Akhiri Karier dengan Tragis
Cristiano Doni ketika membela timnas Italia di Piala Dunia 2002 (PHILIPPE HUGUEN / AFP)

Metrotvnews.com, Roma: Tanggal 9 Agustus 2011 menjadi hari kelam bagi kapten Atalanta sekaligus striker timnas Italia, Cristiano Doni. Pada hari itu enam tahun yang lalu, Doni harus rela mengakhiri kariernya dengan catatan buruk usai disanksi tak boleh bertanding di pertandingan sepak bola selama 3,5 tahun.

Sanksi tersebut diterima Doni karena terbukti bersalah telah terlibat dalam pengaturan skor sejumlah pertandingan kasta bawah di persepakbolaan Italia. Kabarnya, ada 15 pertandingan yang hasil akhirnya sudah diatur sejak awal laga.

BACA: Benamkan MU, Real Madrid Buka Musim dengan Trofi Piala Super Eropa

Doni tidak sendirian melakukan aksinya. Menurut hasil laporan Federasi Sepak bola Italia (FIGC), kasus itu juga menyeret 18 orang serta 15 klub ke meja hijau. Doni mendapat hukuman paling ringan. Mayoritas diberi hukuman lima hingga delapan tahun tak boleh terlibat dalam aktivitas sepak bola di Italia. 

Aksi Doni juga berdampak buruk kepada Atalanta. Lantaran tidak bisa menjaga perilaku pemainnya, Atalanta diberi hukuman pengurangan enam poin pada awal musim 2011--2012.

Doni sudah berusia 38 tahun ketika melakukan hal tidak pantas tersebut. Sanksi berat itu membuat Doni langsung memutuskan untuk pensiun. 

Nahas, gara-gara kejadian tersebut, striker yang sudah tampil 151 kali untuk Atalanta dan membela timnas Italia pada Piala Dunia 2002 itu tak mendapat penghormatan saat mengakhiri perjalanan panjang di dunia sepak bola. (TDIFH)

 


(KRS)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

5 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /