Pada Hari Ini

1908: Derby Milan Pecah Pertama Kali di Swiss

Kautsar Halim    •    18 Oktober 2016 07:56 WIB
ac milan 2016--2017pada hari ini
1908: Derby Milan Pecah Pertama Kali di Swiss
Meski Derby Milan kerap ricuh dengan aksi suporter, namun Marco Materazzi dan Rui Costa tetap akur. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertandingan dua klub raksasa Italia, AC Milan dan Inter Milan masih menjadi magnet tersendiri bagi para penggemarnya dan seluruh pecinta sepak bola di dunia.  Rivalitas duo klub kota Milan itu seakan abadi karena sudah berumur lebih dari satu abad. 

Ya, tepatnya pada 18 Oktober 1908 atau 108 tahun silam, Derby Milan atau yang populer juga dengan sebutan Derby della Madonnina terselenggara untuk pertama kali. Meski sama-sama berasal di Italia, namun pertandingan tersebut malah pecah lewat ajang Coppa Chiasso yang berlangsung di Canton of Ticino, Swiss.

Turnamen Coppa Chiasso yang diadakan pada tahun itu juga baru  pertama kali diikuti oleh enam tim. Sebelumnya, ajang tersebut konsisten diikuti oleh tiga hingga empat tim dan berhasil dimenangkan Milan dua tahun sebelumnya (1906 dan 1907). Inter baru berusia tujuh bulan ketika bentrok pertama kali dengan Milan. Saat itu mereka memang sukses mencapai final, namun I Rossoneri berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor, 2-1. 

Kekalahan tersebut tidak membuat Inter gentar. Pasalnya, Il Nerazzuri malah mampu unggul secara keseluruhan pada masa kini. Menurut data yang dihimpun hingga 31 Januari 2016, terhitung Derby Milan sudah terselenggara sebanyak 216 kali. Rinciannya, Inter sudah menang 77 kali, sedangkan Milan baru menang sebanyak 75 kali. Sementara itu, hasil seri di antara mereka berjumlah 64 kali.

Tak heran jika Inter dan Milan mampu bersaing ketat. Pada awalnya mereka memang dibesarkan bersama di Milan Cricket Club and Football yang didirikan Alfred Edwards pada 1899. Inter baru  bercerai dengan Milan pada Maret 1908 karena pemain asing  dalam klub sudah semakin banyak. (tdifh/wikipedia)


(KAU)

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup

1 day Ago

Untuk pertama kalinya laga final Liga Champions akan berlangsung dalam keadaan atap stadion ter…

BERITA LAINNYA
Video /