Jelang Final Coppa Italia: Juventus vs AC Milan

Mengenang Momen Juventus-Milan di Final Coppa Italia

A. Firdaus    •    09 Mei 2018 12:56 WIB
coppa italia
Mengenang Momen Juventus-Milan di Final Coppa Italia
Momen ketika Juventus menjamu AC Milan pada 31 Maret lalu (Foto: AFP)

Jakarta: Juventus ciptakan rekor baru. Bianconeri akan memainkan final Coppa Italia terbanyak dibandingkan klub lain, yaitu 18 kali. Tapi final itu belum berarti akan berakhir manis buat Juve, lantaran mereka akan berhadapan dengan AC Milan.

Meski akan memainkan final Coppa Italia ke-18, laga pamungkas itu tak selamanya mulus buat Nyonya Tua. Mereka hanya mampu menang 12 dan sisanya hanya menghadirkan luka.

Bicara pertemuan dengan Milan di final, Juve telah empat kali bertemu. Berikut empat momen laga yang bertajuk Derby d'Italia di final Coppa Italia.

Klik di sini: Tekuk Swansea, Southampton Selamat dari Zona Degradasi

-Final Coppa Italia 1941 -- 1942
Pertemuan pertama mereka terjadi pada 1942. Ketika itu final Coppa Italia masih menerapkan dua leg.

Kedua klub bermain imbang 2-2 pada leg pertama di Civica Arena, Milan. Pada leg kedua, Juve tampil sakti dengan menang 4-1. Ketika itu striker Juve asal Albania, Riza Lushta mencetak hattrick. Sekaligus membuat Juve meraih Coppa Italia kedua dengan menang agregat 6-3.

-Final Coppa Italia 1971 -- 1972
Final Coppa Italia beralih ke format tunggal pada musim 1971--1972. Bermain di Stadion Olimpico, kali ini Milan yang memenangkan laga.

Pertandingan sempat bermain imbang 1-1 pada waktu normal. Kedua klub harus melanjutkan pertandingan melalui drama adu penalti. Pada kesempatan itu, Rossoneri tampil baik dengan mampu menang 5-2 pada drama itu untuk mengangkat trofi di Roma.


Pertemuan Juve vs Milan di Final 1989--1990 (Sumber: Juventusfc)

-Final Coppa Italia 1989--1990

Coppa Italia kembali memainkan dua leg di final. Dan lagi-lagi Juve tampil cemerlang pada format tersebut.

Sempat bermain imbang tanpa gol di markas sendiri, Juve akhirnya mampu mencuri kemenangan 0-1 di Milan. Bek Bianconeri Roberto Galia menjadi pahlawan kemenangan setelah mencetak gol penting usai mendapatkan umpan matang dari Giancarlo Marocchi.

-Final Coppa Italia 2015--2016
Pertemuan terakhir Juve-Milan di Coppa Italia terjadi di final musim 2015--2016. Memainkan format satu laga, Juve akhirnya mampu meraih hasil positif pada laga yang berlangsung di Stadion Olimpico.

Setelah bermain tanpa gol pada waktu normal, striker Alvaro Morata mampu memecah kebuntuan dengan membobol gawang Gianluigi Donnarumma pada menit ke-110. Sekaligus memastikan Juve meraih trofi ke-11 di Coppa Italia kala itu.

Liga 1 Tetap Bergulir di Bulan Ramadan



(ASM)


Ronaldo Tarik Ucapan terkait Hengkang dari Madrid
Real Madrid

Ronaldo Tarik Ucapan terkait Hengkang dari Madrid

1 hour Ago

Pemain berjuluk CR7 itu berencana memikirkan masa depannya yang kemungkinan tak lama di Madrid.…

BERITA LAINNYA
Video /