Kaleidoskop 2018: Juventus Rebut Scudetto Ketujuh Hingga Cristiano Ronaldo Berlabuh ke Turin

Riyan Ferdianto    •    27 Desember 2018 13:53 WIB
serie a
Kaleidoskop 2018: Juventus Rebut Scudetto Ketujuh Hingga Cristiano Ronaldo Berlabuh ke Turin
Juventus mengklaim scudetto ketujuh secara beruntun (Foto AFP/MARCO BERTORELLO)

Jakarta: Juventus mengklaim scudetto ketujuh secara beruntun pada Senin 14 Mei 2018. Total, mereka telah mengamankan 34 gelar scudetto sepanjang eksistensi mereka di Serie-A.

Juve mengamankan gelar ketujuh mereka dalam tujuh musim beruntun, usai bermain imbang tanpa gol dengan AS Roma. Sejatinya, laga melawan Giallorossi bukanlah satu-satunya laga penentu mereka memastikan gelar juara Italia.

Sebab sepekan sebelumnya, merunut pada peraturan liga, Juve sudah dipastikan merebut gelar scudetto. Tapi secara matematis, bermain imbang melawan Roma menjadi penegasan pasukan Hitam-Putih untuk meraih scudetto

Suka dan duka menghiasi perjalan Juve merebut trofi Serie A musim 2017--2018. Sebelumnya, sejak paruh kedua musim, para penggemar Serie A disuguhi kejar mengejar dua tim, Juventus dan Napoli. 

Persaingan yang sempat sengit pada empat pekan terakhir berakhir tragis untuk Napoli. I Partenopei gagal memetik poin maksimal dalam laga-laga krusial akhir kompetisi.

Meski menyisakan satu pertandingan kontra Hellas Verona, Juve sudah lebih dulu memastikan gelar juara dengan mengumpulkan 92 poin, Sementara, Napoli hanya punya 88 angka. Bianconeri mampu memetik tiga poin pada pekan terakhir, begitu juga dengan Napoli. Ini jadi gelar ketujuh Juventus secara berurutan.

Ketatnya persaingan juara Serie A musim 2017--2018

Juventus dan Napoli menunjukan persaingan ketat untuk meraih trofi juara musim 2017--2018. Persaingan ketat terjadi pada pekan terakhir musim. Namun raihan 91 poin tidak mampu membuat Napoli merebut tahta juara dari Nyonya Tua. 

Konsistensi ditunjukan tim besutan Massimiliano Allegri, mereka hanya menelan tiga kekalahan dengan lima imbang. Sisanya, 30 kemenangan dari 38 pertandingan diraih dan sukses finis dengan raihan 95 poin. 

Inter Milan kembali ke Liga Champions

Selain Juventus mengklaim scudetto ketujuh, musim 2017--2018 menjadi musim kebangkitan Inter Milan. Nerazzurri kembali berlaga di Liga Champions. 

Inter Milan secara dramatis merebut tiket Liga Champions dari tangan Lazio. Hasil itu didapatkan Nerazzurri usai menundukkan Biancocelesti 3-2 pada giornata terakhir Serie-A Italia, Senin 21 Mei.

Kemenangan tersebut membuat Inter mengkudeta posisi Lazio di peringkat empat meski sama-sama meraih 72 poin. Inter berhasil menyingkirkan Lazio dari Liga Champions musim depan karena unggul agregat pertemuan setelah bermain 0-0 di Giuseppe Meazza.

Milan dan Atalanta ke Liga Europa

Dari perebutan tiket Liga Europa, saudara sekota Inter, AC Milan menang besar 5-1 atas Fiorentina. Dengan begitu Rossoneri finis di peringkat keenam dengan nilai 64 poin sekaligus lolos secara otomatis ke Liga Europa.

Nantinya Milan didampingi oleh Atalanta yang finis di tempat ketujuh. Tetapi, La Dea harus lebih dulu mengikuti babak play-off untuk bisa mentas di Eropa musim 2018--2019.

Paris Saint-Germain Resmi Dapatkan Buffon

Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, resmi berseragam Paris Saint-Germain. Transfer kiper berusia 40 tahun itu diumumkan melalui situs resmi PSG. Di Paris, mantan kiper Parma itu dikontrak untuk satu musim dengan opsi perpanjangan setahun.

Buffon melanjutkan perjalanannya di luar Italia, setelah 23 tahun menghabiskan karier di tanah kelahirannya. Ambisi besar didapuk Buffon, untuk membawa PSG menjuarai Liga Champions. Gelar yang selama ini menjadikan Buffon penasaran karena belum pernah sekalipun ia meraihnya


Gianluigi Buffon saat meneken kontrak dengan pejabat PSG (Foto: gianluigibuffon)

Juventus Bajak Cristiano Ronaldo dari Real Madrid

Juventus resmi memperkenalkan rekrutan terbarunya, Cristiano Ronaldo, pada Selasa 17 Juni. Mega bintang asal Portugal tersebut sudah menjalani tes medis di Turin.

Ronaldo diboyong Si Nyonya tua dengan mahar 105 juta euro atau setara Rp1,7 triliun. Pemain berusia 33 tahun tersebut akan menerima gaji fantastis yaitu 30 juta euro (Rp505 miliar) permusim dalam kontrak selama empat musim.

Juventus memperkenalkan Ronaldo dengan seragam bernomor punggung 7. Nomor favorit CR7 tersebut sebetulnya milik Juan Cuadrado, yang dikabarkan telah merelakannya.

Ronaldo mengakhiri era sembilan tahunnya bersama Real Madrid sejak pindah dari Manchester United pada 2009 silam. Prestasinya bersama Los Blancos adalah empat trofi Liga Champions, dua titel La Liga, dua Piala Raja Spanyol.


Cristiano Ronaldo (Foto: Twitter @Cristiano)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: M Ridho Djazulie Berlabuh ke Madura United




(KAU)


Indra Sjafri Minta Suporter Indonesia Hormati Lagu Kebangsaan Malaysia
Jelang Timnas U-22 vs Malaysia

Indra Sjafri Minta Suporter Indonesia Hormati Lagu Kebangsaan Malaysia

5 hours Ago

Timnas U-22 akan bentrok dengan Malaysia pada laga kedua Grup B. Pertandingannya berlangsung di…

BERITA LAINNYA
Video /