Jelang Liga Italia Serie A 2017--2018

Kandidat Juara Serie A 2017--2018: AS Roma

Krisna Octavianus    •    16 Agustus 2017 14:04 WIB
as roma 2017--2018liga italia
Kandidat Juara Serie A 2017--2018: AS Roma
Skuat AS Roma. (Foto: AFP/Don Emmert)

Metrotvnews.com, Jakarta: Status AS Roma masih sama musim ini, penggangu Juventus. Akan tetapi, bukan tidak mungkin mereka akan mengejutkan untuk mengejar juara musim ini.

Setelah ditinggal Luciano Spalletti, Roma memiliki suasana baru tapi lama dalam diri Eusebio Di Francesco. Nama terakhir adalah salah satu legenda I Lupi yang mengantar juara klub Ibu Kota itu menjadi juara musim 2000 -- 2001.

Tujuannya musim ini masih sama, yakni meraih gelar Scudetto yang sudah 16 tahun tak mampir ke lemari juara mereka. Berbagai cara dilakukan demi bisa menggoyang hegemoni Juventus yang sudah enam musim berturut-turut menjadi raja di Serie-A Italia.

Di Francesco diharapkan bisa menularkan mental juara 2001 untuk seluruh penggawa Roma musim ini. Akan tetapi, musim ini dipastikan tidak mudah setelah hampir seluruh tim melakukan perbaikan dari sisi skuat dengan membeli pemain baru.

Baca: Kandidat Juara Serie A 2017 -- 2018: AC Milan


"Saya sangat senang bisa kembali ke Roma, untuk melatih tim yang selalu menjadi bagian dalam kehidupan saya. Saya berterima kasih kepada Presiden James Pallotta dan jajaran eksekutif untuk kesempatan ini. Saya akan menaruh semua usaha saya untuk membuat tim ini mendapatkan hasil yang layak," ujar Di Francesco.

Peringkat kedua atau bahkan lolos ke Liga Champions bukan lagi tempat yang cocok untuk Roma setelah beberapa musim menjadi runner-up. Akan tetapi, konsistensi diperlukan demi bisa mewujudkan hal itu karena konsistensi adalah masalah klasik bagi I Giallorossi.

Bursa Transfer Pemain
Roma cukup aktif dalam bursa transfer musim ini dengan mendatangkan tujuh pemain. Pemain-pemain itu adalah Hector Moreno, Rick Karsdrop, Lorenzo Pellegrini, Maxime Gonalons, Gregoire Defrel, Cengiz Under, dan Aleksandar Kolarov.

Pembelian yang cukup ambisius tapi tidak menghabiskan dana yang banyak. Tak seperti AC Milan yang harus menggelontorkan dana tak kurang dari 200 juta euro untuk mendapatkan 10 pemain, Roma tercatat hanya mengeluarkan kocek 58,1 juta euro untuk mendatangkan tujuh pemain tersebut. 

Ketujuh pemain itu diyakini bisa menggantikan empat pemain yang hijrah pada musim panas ini yakni Mohamed Salah, Antonio Ruediger, Leandro Parades, dan Mario Rui. Bahkan, sampai saat ini I Lupi masih berada di pasar transfer demi mendapatkan setidaknya satu pemain lagi.

Nama satu pemain yang gencar diisukan adalah Riyad Mahrez dari Leicester City. Pemain Aljazair itu getol dikejar oleh Direktur olahraga Roma, Monchi untuk menggantikan Salah.


 

Baca: Kandidat Juara Serie A 2017 -- 2018: Juventus


Sejarah klub:
Associazione Sportiva Roma adalah nama lengkap dari Roma. Klub yang identik dengan warna merah-kuning ini menjadi salah satu klub besar yang cukup muda karena baru didirikan pada 1927.

Sejak didirikan Roma selalu bermain di kasta tertinggi sepak bola Italia, kecuali musim 1951 -- 1952 di mana mereka terdegradasi musim sebelumnya. I Lupi tercatat memenangi tiga Scudetto, sembilan Coppa Italia, dan dua Piala Super Italia. Untuk urusan Eropa, I Giallorossi belum beruntung dengan menjadi runner-up Liga Champions 1984 dan Europa League (dulu Piala UEFA) 1991.

Roma mulai menunjukkan taringnya di Italia pada era 1980-an dengan meraih empat gelar Coppa Italia. Sampai saat ini, I Lupi tercatat sebagai salah satu tim pengoleksi gelar Coppa Italia terbanyak.

Sementara itu, Scudetto terakhir yang didapatkan adalah pada musim 2000 -- 2001. Kala itu, I Giallorossi memiliki trio Vincenzo Montella, Francesco Totti, dan Gabriel Batistuta.

Statistik musim lalu:
Serie-A Italia: Peringkat kedua
Menang: 28 kali
Seri: 3 kali
Imbang: 7 kali
Jumlah gol: 90
Gol kemasukan: 38
Total poin: 87 poin

Rata-rata penguasaan bola: 53%
Rata-rata operan sukses: 83%
Rata-rata tendangan ke gawang: 44%
Total penciptaan peluang: 518

Prediksi musim ini
Berat rasanya menembus hegemoni Juventus untuk musim ini. Mereka harus benar-benar konsisten, apalagi mulai kembali di Liga Champions. 

Prediksi peringkat akhir musim 2017--2018: Posisi 2

Video: Kata Menpora Usai Timnas U-22 Ditahan Imbang Thailand




(ASM)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /