Bundesliga

Bibiana Steinhaus, Wasit Wanita Pertama dalam Sejarah Bundesliga

Krisna Octavianus    •    10 September 2017 22:32 WIB
liga jerman
Bibiana Steinhaus, Wasit Wanita Pertama dalam Sejarah Bundesliga
Bibinana Steinhaus (kiri) saat menanggapi protes pemain Hertha, Vedad Ibisevic (Foto: AFP/TOBIAS SCHWARZ)

Metrotvnews.com, Berlin: Sejarah tercipta dalam pertandingan kasta tertinggi sepak bola Jerman yang mempertemukan Hertha Berlin vs Werder Bremen, Minggu 10 September. Bibiana Steinhaus menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga Bundesliga. 

Wanita kelahiran Bad Lauterberg 38 tahun lalu ini mengawali karier sebagai pesepak bola bersama SV Bad Lauterberg. Akan tetapi, dia kemudian banting setir menjadi wasit dan memulai karier sebagai wasit DFB (asosiasi sepak bola Jerman) pada 1999.

BACA: Kontra Barcelona, Juventus tanpa Dua Gelandang Andalan

Mengawali dari kasta sepak bola terendah, Steinhaus mulai aktif memimpin pertandingan sepa bola laki-laki pada 2007 ketika ditunjuk sebagai wasit Bundesliga 2. Wanita yang punya karier sebagai polisi ini mendapat lisensi FIFA pada 2005.

Dia juga terpilih untuk memimpin laga Piala Dunia Wanita U-20 2008, Piala Eropa Wanita 2009, dan Piala Dunia Wanita U-20 2010.

Dia adalah salah satu dari enam belas wasit yang dipilih untuk Piala Dunia Wanita FIFA 2011, di mana dia memimpin dua pertandingan penyisihan grup sebelum terpilih untuk memimpin final antara Jepang dan Amerika Serikat. Steinhaus juga terpilih untuk memimpin pertandingan final sepak bola putri di Olimpiade London 2012, juga antara Jepang dan Amerika Serikat.

Pada 12 Mei 2017, Steinhaus dipilih oleh UEFA sebagai wasit untuk Final Liga Champions Wanita 2017 di Cardiff pada 1 Juni 2017 antara Lyon dan Paris Saint-Germain. Kemudian pada 19 Mei 2017, diumumkan bahwa Steinhaus dipromosikan menjadi wasit kasta tertinggi sepak bola Jerman, Bundesliga untuk musim 2017--2018, membuatnya menjadi wasit wanita pertama dalam sejarah liga.

Hari ini, Minggu 10 September sejarah kemudian tercipta ketika dia ditunjuk untuk memimpin laga Hertha Berlin vs Werder Bremen. Bundesliga sebenarnya bukan hal asing bagi wanita berambut pirang ini, dia beberapa kali menjadi wasit cadangan di Bundesliga musim lalu.

Pertandingan Hertha vs Bremen sendiri berakhir dengan skor 1-1. Gol tuan rumah yang diciptakan Matthew Leckie pada menit ke-38 dibalas oleh Thomas Delaney pada menit ke-59.

 




(KRS)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

8 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /