Timnas Jerman

Kasus Rasial Oezil, Boateng Serang Rekan Senegaranya

Gregorius Gelino    •    19 September 2018 17:53 WIB
timnas jerman
Kasus Rasial Oezil, Boateng Serang Rekan Senegaranya
Jerome Boateng (AFP/Christian Charisius)

Muenchen: Kasus rasialisme yang dialami mantan pemain timnas Jerman Mesut Oezil berbuntut panjang. Sebelumnya gelandang Arsenal itu memutuskan pensiun lantaran pelecehan rasial yang dialaminya karena berswafoto (selfie) bersama presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Publik Jerman diketahui menentang kebijakan-kebijakan yang diterapkan Erdogan di Turki lantaran membatasi kebebasan berpendapat dan membatasi ruang gerak jurnalis di negaranya. 
Hal ini membuat rakyat Jerman mempertanyakan loyalitas Oezil terhadap nilai-nilai negara Jerman. Kendati demikian, Oezil bergeming dan enggan meminta maaf kepada rakyat Jerman. 

Baca juga: Douglas Costa Dihukum, Juventus Takkan Mengajukan Banding

Hal ini memicu amarah rakyat Jerman yang akhirnya menimbulkan nada-nada rasial ketika Oezil bermain. Pesepak bola berusia 29 tahun itu bahkan mengatakan jika beberapa petinggi DFB (Federasi Sepak Bola Jerman) ikut menyerangnya. 
Meski Reinhard Grindel, presiden DFB, telah mengakui kesalahannya karena tidak melindungi Oezil dari serangan fan dan telah meminta maaf secara terbuka kepadanya, Oezil enggan menarik kembali keputusannya untuk pensiun dari timnas.

Fakta bahwa rekan setimnya di timnas tidak membela Oezil ternyata tidak disukai rekan senegara pemain keturunan Turki itu, Jerome Boateng. Bek Bayern Muenchen itu bahkan terang-terangan kecewa dengan sikap rekan senegaranya yang memilih bungkam dan tidak mendukung Oezil.

Baca juga: Real Madrid Lebih Berbahaya tanpa Ronaldo

"Ke mana para pemain yang berterima kasih kepada Mesut? Mereka tidak berani berkomentar karena hal itu tidak terlalu disukai suporter timnas Jerman," kata pemain berusia 30 tahun itu kepada media Jerman, Suddeutsche Zeitung.

Hingga saat ini belum ada klarifikasi dari para pemain timnas Jerman, namun bisa dipastikan bahwa situasi internal Die Nationalmannschaft semakin memanas. Hal ini tentu menyulitkan pelatih Jerman, Joachim Loew, untuk menjaga harmonisasi para pemainnya terlebih lagi Jerman terlibat dalam grup yang sulit di Liga Negara Eropa yang akan berlangsung hingga November 2018 mendatang.

Video: Man City Berburu Start Sempurna Tanpa Aguero

 


(ASM)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /