Bayern Muenchen

Xabi Alonso di Mata Guardiola

Patrick Pinaria    •    11 Maret 2017 19:17 WIB
liga jermanbayern muenchen 2016--2017
Xabi Alonso di Mata Guardiola
Pep Guardiola (Kanan) memberi instruksi Xabi Alonso (Kiri) ketika masih melatih Bayern Muenchen (Foto: AFP/Christof Stache)

Metrotvnews.com, Middlesbrough: Xabi Alonso punya pengalaman bekerja sama dengan pelatih Josep 'Pep' Guardiola di Bayern Muenchen. Selama dua musim (2014--2016) bermitra, kolaborasi keduanya berhasil menghasilkan sejumlah prestasi untuk Die Roten.

Total ada tiga gelar yang berhasil mereka menangkan. Di antaranya adalah dua gelar Bundesliga 1 Jerman dan satu gelar DFB Pokal.

Guardiola yang kini membesut Manchester City mengaku senang pernah bekerja sama dengan Alonso. Ia pun menilai gelandang asal Spanyol tersebut adalah gelandang terbaik yang pernah ia temui selama menjadi pelatih.

Baca: Masa-masa Spesial Xabi Alonso di Liverpool


"Kami adalah saingan ketika ia membela Real Madrid. Tetapi setelah itu, saya sangat beruntung bisa memiliki dia di Bayern Muenchen," ujar Guardiola.

"Seperti yang diceritakan orang-orang mengenai dia termasuk manajer yang pernah menanganinya. Ia adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah saya lihat dalam hidup saya," tambahnya.

Alonso memutuskan pensiun pada akhir musim 2016--2017. Putusan itu ia umumkan pada Jumat 10 Maret. Menanggapi keputusan itu, Guardiola percaya gelandang asal Spanyol itu akan kembali terjun di dunia sepak bola sebagai pelatih.

"Ia akan segera kembali sebagai seorang manajer. Saya yakin ia akan menjadi seorang manajer yang bagus. Ia mengerti permainan dan memiliki rasa ingin tahu untuk memahami permainan," kata Guardiola.

Baca: Jika City Hampa Gelar, Guardiola Bakal Angkat Koper


"Saya senang bekerja sama dengan pemain sepertinya. Saya menemukan pemain seperti dia di Barcelona yaitu Javier Mascherano dan Sergio Busquets. Di City, saya menemukan David Silva dan Fernandinho," tutur Guardiola.

Alonso telah memenangkan banyak prestasi selama membela tiga klub seperti Liverpool, Real Madrid, dan Muenchen. Dari tiga klub tersebut, ia terhitung sudah meraih 13 gelar. 

Sementara di level negara, Alonso sudah memenangkan tiga gelar untuk timnas Spanyol. Di antaranya adalah dua gelar Piala Eropa (2008 dan 2012) dan satu gelar Piala Dunia (2010). (Soccerway)


Video: Dukungan untuk Henrikh Mkhitaryan





(PAT)

Data & Fakta Menarik Real Madrid vs Atletico Madrid
Semifinal Liga Champions 2016--2017

Data & Fakta Menarik Real Madrid vs Atletico Madrid

4 days Ago

Madrid selalu mampu melewati hadangan Atletico dalam empat kali bentrok di pentas Eropa.…

BERITA LAINNYA
Video /