Borussia Dortmund

Thomas Tuchel Tinggalkan Borussia Dortmund

Achmad Firdaus    •    30 Mei 2017 22:02 WIB
borussia dortmund 2016--2017
Thomas Tuchel Tinggalkan Borussia Dortmund
Thomas Tuchel (Foto: AFP PHOTO / Christof STACHE)

Metrotvnews.com, Dortmund: Borussia Dortmund akhirnya memutuskan pisah jalan dengan pelatih Thomas Tuchel. Pelatih 43 tahun ini resmi mengundurkan diri setelah dua tahun membesut Die Borussen.

Lewat akun twitter, Tuchel mengumumkan bahwa mulai musim depan ia tidak akan lagi menukangi Marco Reus dan kawan-kawan. Keputusan ini terasa mengejutkan lantaran pengumuman ini disampaikan Tuchel hanya tiga hari berselang setelah ia memimpin Dortmund merebut titel DFB Pokal.

"Saya berterima kasih atas dua tahun yang menyenangkan, dan menarik. Memang mengecewakan bahwa kerja sama kami tidak bisa terus berlanjut," ujar Tuchel.

"Saya berterima kasih kepada fan, pemain dan staff serta semua pihak yang mendukung kami. Saya mendoakan yang terbaik untuk BVB," lanjut mantan pelatih Mainz tersebut.
 

Baca: Marco Reus Cedera Serius Usai Dortmund Juara DFB Pokal


Tidak jelas apa yang jadi penyebab mundurnya Tuchel dari jabatannya. Statement resmi Borussia Dortmund sendiri menyatakan bahwa keputusan "pisah jalan" merupakan keputusan bersama dari kedua belah pihak.

"Keputusan ini sudah dibicarakan antara CEO Hans-Joachim Watzke, Direktur Olahraga Michael Zorc, Thomas Tuchel dan penasihatnya, Olaf Meinking pada Selasa lalu," demikian pengumuman Dortmund di situs resminya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Tuchel dan staf pelatihnya atas sukses yang mereka berikan untuk Dortmund terutama kemenangan atas Eintracht Frankfurt pada final DFB Pokal di Berlin," lanjut pernyataan tersebut.
 

Baca juga: Dortmund Pastikan Tak Jual Aubameyang ke Bayern Muenchen


Dengan keputusan ini, Tuchel kabarnya akan menerima kompensasi sebesar dua juta Euro (Rp29 miliar) lantaran kontraknya baru akan berakhir pada Juni 2019.

Tuchel bergabung dengan Dortmund pada musim 2015--2016. Di musim pertamanya, ia mengantar Dortmund tampil sebagai runner-up Bundesliga dengan mencatatkan rekor poin tertinggi dalam satu musim.

Di musim lalu, ia berhasil membawa Dortmund mengakhiri musim di posisi tiga klasemen (tiket lolos otomatis ke Liga Champions musim depan) dan merebut titel DFB Pokal.

Video: ?Ernesto Valverde Resmi Tangani Barcelona
 


(ACF)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /