Bayern Muenchen

Guardiola Buat Sepak Bola Jerman Berubah

Patrick Pinaria    •    11 Juni 2017 07:46 WIB
liga jermanbayern muenchen 2016--2017
Guardiola Buat Sepak Bola Jerman Berubah
Josep Pep Guardiola (Foto: AFP/Anthony Devlin)

Metrotvnews.com, Munich: Josep "Pep" Guardiola dikenal sebagai pelatih yang menyukai gaya permainan tiki taka dan menguasai bola. Bahkan, pelatih asal Spanyol tersebut sudah menerapkan gaya tersebut di tiga klub yang berbeda negara. Salah satunya adalah Bayern Muenchen.

Strategi yang diterapkan Guardiola memberikan efek yang positif untuk Muenchen. Buktinya, dengan menggunakan strategi tersebut, pelatih asal Spanyol tersebut mampu memberikan Die Roten sejumlah prestasi. Di antaranya adalah tiga gelar Bundesliga, dua gelar DFB Pokal, satu gelar Piala Super Eropa, dan satu gelar Piala Dunia Antarklub.

Namun, filosofi Guardiola ternyata tidak hanya memberikan dampak bagi Muenchen. Menurut gelandang Muenchen Thiago Alcantara, filosofi mantan pelatih Barcelona itu juga memberikan dampak bagi sepak bola Jerman.

Baca: Ibrahimovic Berencana Main Dua Musim Lagi

"Guardiola selalu menekankan untuk tim agar bisa menguasai bola dan mengendalikan permainan. Sedangkan, gaya permainan di Bundesliga lebih menekankan kekuatan dan gol," ujar Thiago.

"Ia mengubah konsep sepak bola Jerman secara umum. Mereka menemukan harmoni yang membuat mereka bisa menjadi juara dunia," tambahnya.

Setelah melatih Muenchen, Guardiola memutuskan untuk hengkang ke Manchester City pada musim 2016--2017. Namun, ia gagal membawa The Citizens meraih gelar pada musim debutnya. (Soccerway)


Video: Hadapi San Marino, Jerman Turunkan Pemain Muda

 


(PAT)