Jelang Bayern Muenchen vs Dortmund

6 Pemain Terkenal yang Pernah Bermain di Bayern Muenchen & Dortmund

Krisna Octavianus    •    08 April 2017 15:26 WIB
liga jerman
6 Pemain Terkenal yang Pernah Bermain di Bayern Muenchen & Dortmund
Mario Goetze, dari Dortmund ke Bayern Muenchen dan kembali ke Dortmund (Foto: AFP/PATRIK STOLLARZ)

Metrotvnews.com, Jakarta: Der Klassiker atau laga Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund akan memasuki edisi ke-114 nanti malam, Sabtu 8 April malam WIB. Rivalitas kedua tim sangat kental di Jerman.

Meski rivalitas yang sangat tinggi, perpindahan pemain di antara kedua tim bukan suatu hal yang tabu. Akan tetapi, tak jarang perpindahan pemain di antara membuat "bumbu" ketika laga terpentas.

BACA: Deretan Pemain yang Pernah Membela Madrid dan Atletico

Paling diingat ketika Mario Goetze memutuskan pindah ke Bayern Muenchen pada musim panas 2013. Pendukung Dortmund sangat marah atas keputusan itu dan setiap pertandingan Der Klassiker selalu dibumbui dengan sorakan kepada sang pemain.

Itu menjadi salah satu contoh di antara deretan pemain yang pernah membela kedua klub. Sama seperti Barcelona dan Real Madrid, pemain yang memutuskan pindah ke salah satu klub tersebut pasti akan menerima perlakukan mengenakkan ketika pertandingan digelar.

BACA: Prediksi Bayern Muenchen vs Dortmund: Saatnya Balas Dendam

Tak ada data jelas mengenai berapa jumlah total pemain yang pernah membela panji-panji Bayern atau Dortmund. Akan tetapi, ada enam pemain terkenal yang tercatat pernah membela kedua klub. (Sportskeeda)

Berikut Metrotvnews.com sajikan deretannya:

1. Robert Lewandowski (Dortmund ke Bayern Muenchen)

Ia bermain di Dortmund pada 2010--2014 setelah dibeli dari klub Polandia, Lech Poznan. Awalnya, ia dibeli untuk menjadi pendamping Lucas Barrios. Akan tetapi, cedera Barrios membuat ia mendapat kesempatan sebagai striker utama.

Lewandowski berhasil mencetak rata-rata 31 gol dalam 2011--2014 bersama Die Borussen. Sayang, perselisihan dengan dewan klub Dortmund membuat ia pergi ke Bayern Muenchen dengan gratis pada musim panas 2014.



2. Thomas Helmer (Dortmund ke Bayern Muenchen)

Helmer pindah dari Dortmund ke Bayern pada 1992 setelah sebelumnya bermain enam musim di Die Borussen. Menariknya, sebelum pindah ke Bayern, ia dijual terlebih dahulu sebenarnya ke Lyon. Itu dilakukan manajemen Dortmund agar sang pemain tak langsung pindah ke rival.

Namun, belum sempat main di Lyon atau baru tiga bulan, ia malah dibeli oleh Bayern. Langkah tersebut sempat membuat pelatih timnas Jerman saat itu, Berti Vogts mengancam Helmer tak akan dipanggil lagi ke dalam tim The Bavarians.

Meski begitu, Helmer berhasil menunjukkan performa hebat pada era 1990-an. Ia bahkan menjadi kapten tim dan mmpersembahkan tiga gelar Bundesiga bagi Bayern. Ia juga menjadi salah satu pilar penting Jerman meraih gelar Piala Eropa 1996.



3. Mats Hummels (Bayern ke Dortmund, kembali ke Bayern)

Percaya atau tidak, Hummels lebih banyak menghabiskan kariernya di Bayern Muenchen dibanding Dortmund, meski ia terkenal bersama Die Borussen pada 2008--2016. Ia kemudian memutuskan pindah ke FC Hollywood pada musim panas 2016.

Mengawali karier pesepak bola dari akademi Bayern, ia kemudian naik kelas ke tim cadangan Bayern. Ia memulai debut profesional pada musim 2006--2007. Akan tetapi, setelah hanya tampil satu kali ia dipinjamkan ke Dortmund pada Januari 2008.

Saat pindah ke Dortmund, Hummels menemukan performa terbaiknya. Ia mempersembahkan dua gelar Bundesliga. Ia juga turut merasakan pemanggilan ke timnas Jerman secara reguler dan merasakan trofi Piala Dunia 2014 saat berseragam Die Borussen. Akan tetapi, ia akhirnya memutuskan kembali ke Allianz Arena tahun lalu.



4. Christian Nerlinger (Bayern Muenchen ke Dortmund)

Kali ini ada pemain yang pindah dari Bayern ke Dortmund. Lebih dulu mengawali karier di The Bavarians, ia kemudian pindah ke Dortmund pada musim panas 1998 dan bermain di sana sampai 2001.

Tak ada yang bisa ia persembahkan bersama Dortmund. Akan tetapi, saat bersama Bayern ia mempersembahkan dua gelar Bundesliga, serta masing-masing satu Piala UEFA, Piala Jerman, dan Piala Liga Jerman.



5. Torsten Frings (Dortmund ke Bayern Muenchen)

Karier Frings bersama kedua klub tidak berlangsung lama. Bersama Dortmund ia bermain pada 2002--2004, sementara bersama Bayern Muenchen ia hanya bermain selama semusim pada 2004--2005.

Di Bayern Muenchen, ia mengalami fase buruk kariernya meski meriah gelar Bundesliga musim itu. Ia berseteru dengan sang pelatih. Felix Magath. Lalu, gelandang berambut gondrong itu memutuskan pindah kembali Werder Breman.



6. Mario Goezte (Dortmund ke Bayern Muenchen, lalu kembali ke Dortmund)

Ini adalah satu transfer yang paling merugikan Borussia Dortmund. Goetze adalah produk dari akademi mereka di mana ia menghabiskan delapan tahun mengasah keterampilan sebelum membuat debut tim pertamanya pada 2009 saat berusia 17 tahun. Potensi di gelandang muda itu terlihat jelas dan Juergen Klopp mengendus bakat itu dan berhasil mempersemabahkan gelar Bundesliga pada musim 2010-2011 dan 2011--2012.

Bersama-sama dengan Marco Reus dan Robert Lewandowski, ia membentuk trio yang tangguh di Bundesliga. Akan tetapi, pada musim panas 2013 ia memutuskan pindah ke Bayern karena ingin dilatih oleh Pep Guardiola.

“Saya tidak bisa membuat diriku 15 cm lebih kecil dan belajar bahasa Spanyol. Goetze ingin bekerja dengan pelatih luar biasa dan itu Guardiola," kata Klopp saat itu.

Namun, tiga tahun kemudian, Goetze kembali ke Dortmund setelah gagal bersama Bayern. Carlo Ancelotti tak memasukkanya dalam rencana dan Goetze pindah kembali ke Stadion Signal Iduna Park.



 


(KRS)

Bukan Zico, Pemain Ini yang Diwaspadai Thailand Jelang Hadapi Timnas U-16
Jelang Thailand vs Indonesia

Bukan Zico, Pemain Ini yang Diwaspadai Thailand Jelang Hadapi Timnas U-16

1 hour Ago

Pelatih timnas Thailand U-16, Salvador Valero Garcia mengaku hati-hati saat jumpa timnas Indone…

BERITA LAINNYA
Video /