UEFA Bisa Gelar Pilpres Sebelum Piala Eropa 2016

Krisna Octavianus    •    04 Maret 2016 23:26 WIB
uefa
UEFA Bisa Gelar Pilpres Sebelum Piala Eropa 2016
Michel Platini (Foto: AFP/FABRICE COFFRINI)

Metrotvnews.com, Nyon: UEFA bisa melangsungkan pemilihan presiden untuk menggantikan Michel Platini sebelum Piala Eropa 2016. Hal itu bisa dilangsungkan jika banding pria asal Prancis itu terhadap skors enam tahunnya telah diputuskan oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) sebelum bulan Mei.

Platini diskors oleh komite etik FIFA pada Desember 2015 tak boleh beraktivitas di dunia sepak bola selama delapan tahun akibat dugaan korupsi. Demi terhindar dari hukuman, Platini pun membawa kasusnya ke CAS, pengadilan tertinggi untuk olahraga. 

Terkait hal itu, UEFA mengatakan bahwa pihaknya tidak akan melangsungkan pemilihan presiden sampai proses banding selesai.

"Kapanpun ada keputusan (CAS), kami dapat segera mengadakan pertemuan komite eksekutif dan mengadakan proses akselerasi untuk pemilihan presiden," ujar pelaksana tugas sekretaris jenderal Theodore Theodoris.

Direktur legal UEFA, Alasdair Bell mengatakan bahwa tidak lagi diperlukan ketentuan di mana para kandidat harus mendaftar tiga bulan sebelum pemilihan.

"Setelah kami memiliki keputusan CAS, kami dapat memperpendek waktu pemilihan dari tiga bulan sampai nol, maka itu mungkin," ucapnya.

Jika mengacu sebelum Piala Eropa, berarti UEFA bisa melangsungkan pemilihan pada Mei. Pasalnya, Piala Eropa akan berlangsung pada 10 Juni sampai 10 Juli. (Reuters)


(KRS)